Tinjauan hukum Islam terhadap pemanfaatan Bondo Deso di Desa Randegansari Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sururi, Sururi (1995) Tinjauan hukum Islam terhadap pemanfaatan Bondo Deso di Desa Randegansari Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sururi_018900090.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pemanfaatan bondo deso tidak lain adalah dalam rangka usaha untuk memenuhi dan meningkatkan desa. Seperti halnya yang terjadi di Desa Randegansari Kec. Driyorejo Kab. Gresik supaya rakyatnya makmur dan sejahtera. Untuk itu penqelolahan pemanfaatan bondo deso di usahakan oleh perangkat desa dengan pemanfaatan yang sebaik baiknya. Masalah yang diangkat dalam pembahasan ini adalah bagaimana diskripsi pemanfaatan Bondo Deso yang dilakukan oleh masyarakat Randegansari Kec. Driyorejo Kab. Gresik tahun 1993. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemanfaatan Bondo Deso tersebut, terdapat penyimpangan dari hukum Islam atau tidak. Dalam pembahasan skripsi ini dipakailah metode induktif dan komparatif yang pada akhir penjelasan mendapatkan suatu kesimpulan diantaranya bahwa dalam pelaksanaan pemanfaatan bondo deso tersebut dilihat dari segi sumber-sumber pendapatan deso, proses administerasi serta bentuk-bentuk pemanfaatan juga semacam administerasi desa nampaknya ketentuan- ketentuan tidak jauh berbeda dengan pemanfaatan baitul mal. Dalam kaitannya dengan hukum Islam nampaknya pemanfaatan bondo deso tersebut sedikit terdapat penyim pangan- penyim pangan dari segi hukum Islam dan sah dilakukannya karena banyak manfaat-manfaat daripada mafsadatnya dalam masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sururi, Sururi--UNSPECIFIED
Subjects: Pembangunan > Pembangunan Desa
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Bondo Deso; Dana Desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2018 06:56
Last Modified: 21 Dec 2018 06:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28918

Actions (login required)

View Item View Item