Kesenian Hadrah sebagai media dakwah Islam pada Masyarakat Petani Di Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irfan, Irfan (1996) Kesenian Hadrah sebagai media dakwah Islam pada Masyarakat Petani Di Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irfan_119100033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bagi masyarakat yang ada di Rasabou Kecamatan Bolo, media dakwah merupakan sesuatu yang menjadi tuntutan untuk memperoleh keberhasilan dakwah yang diinginkan. Budaya hadrah sebagai hasil product masyarakat dan kebudayaan implikasi tersendiri terhadap keberhasilan dakwah terlebih pada masyarakat petani yang sarat dengan kebutuhan-kebutuhan hiburan. Disamping itu hadrah sebagai budaya yang dijadikan sebagai media pada proses berdakwah, ternyata mempunyai dampak terhadap penerimaan pesan yang disampaikan oleh para da'i. Begitu juga pesan-pesan yang disampaikan para da'i ini tidak membawa konsekwensi bahwa pada masyarakat terjadi perubahan pola dan nilai yang selama ini mereka pegang dan anut, justru mereka semakin merekat dengan wadah budaya yang mereka anut bersama. Dan solidaritas masyarakat Rasabou semakin berarti, sehingga lewat wadah ini , komunikasi masyarakat semakin inten yang satu sama lain walaupun mereka sibuk dengan berbagai aktivitas keseharian mereka. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana budaya hadrah bisa dijadikan sebagai media dakwah pada masyarakat petani di desa Rasabou. Bagaimana proses internalisasi nilai agama melalui budaya hadrah sebagai media dakwah. Pada akhir pembahasan mengahasilkan kesimpulan bahwa untuk pengembangan dakwah yang lebih terarah dengan kebutuhan masyarakat yang maka diperl ukan media yang sesuai dengan pola masyarakat. Bagi masyarakat Rasabou, budaya hadrah yang muncul bersamaan dengan adanya Islam di Bima membawa peranan penting dalam menyampaikan pesan dakwah. Disamping itu masyarakat petani Rasabou membutuhkan selingan-selingan yang mengandung nilai­nilai hiburan, sehingga pesan-pesan yang disampaikan diterima dengan mudah dan lapang dada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irfan, Irfan--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Dakwah > Dakwah - Media
Uncontrolled Keywords: Kesenian Hadrah; media dakwah Islam; Masyarakat Petani
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2018 02:06
Last Modified: 21 Dec 2018 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28905

Actions (login required)

View Item View Item