Tinjauan hukum Islam terhadap perjanjian Full Commitment oleh Penjamin Emisi pada Pasar Perdana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Evi (2011) Tinjauan hukum Islam terhadap perjanjian Full Commitment oleh Penjamin Emisi pada Pasar Perdana. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Susanti_C02207052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan (field research). Skripsi ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian sebagai berikut: Pertama, Bagaimana pelaksanaan perjanjian full commitment oleh penjamin emisi pada pasar perdana? Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perjanjian full commitment oleh penjamin emisi pada pasar perdana? Data penelitian ini keseluruhannya diperoleh dan dihimpun melalui wawancara, dokumentasi dan bahan kepustakaan yang dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, peran underwriter dimulai sejak hari pertama emiten bemiat menawarkan sahamnya kepada masyarakat. Adapun tanggung jawab menjadi underwriter dalam perjanjian penjaminan emisi dengan syarat full commitment ini, adalah menjamin jika efek tidak terserap oleh para investor, maka underwriter bertanggung jawab atas sisa efek yang tidak terjual sesuai dengan kontrak/perjanjian yang telah dibuat. Kedua, dalam perjanjian full commitment sering timbul adanya penyimpangan-penyimpangan yakni, tahapan penjatahan saham oleh lead underwriter, yang dapat berakibat pada benturan kepentingan, dan manipulasi harga dalam upaya stabilisasi oleh underwriter. Yang mana di dalam Islam dilarang tentang proses manipulasi dalam perjanjian serta transaksi jual beli yang mengakibatkan kerugian bagi pihak-pihak yang melakukan akad. Sejalan dengan kesimpulan di atas maka, disarankan kepada para investor diharapkan lebih mampu membaca situasi pasar dan lebih bersikap hati-hati dalam membeli saham di pasar perdana, karena ada beberapa penyimpangan yang diambil oleh para pihak yang berkepentingan dalam menjalankan proses penawaran tersebut. serta pada para underwriter, haruslah benar-benar mempunyai itikad yang baik, dan benar-benar melak:ukan due diligence, penilaian dan memahami kemampuan dari emiten sebelum menandatangani perjanjian penjaminan emisi dan melak:ukan penawaran umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Evi--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perjanjian
Dagang > Hukum, Dagang
Keywords: Perjanjian Full Commitment; Penjamin Emisi; Pasar Perdana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2018 05:05
Last Modified: 19 Dec 2018 05:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28895

Actions (login required)

View Item View Item