Upaya guru agama dalam membangun kompetensi beragama siswa di SMA Islam Parlaungan Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indirasari, Devi (2009) Upaya guru agama dalam membangun kompetensi beragama siswa di SMA Islam Parlaungan Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Indirasari_D01304153.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Upaya Guru Agama Dalam Membangun Kompetensi Beragama Siswa Di SMA Islam Parlaungan Waru Sidoarjo ini dengan tujuan untuk mengetahui Bagaimana upaya guru agama dalam membangun kompetensi beragama siswa di SMA Islam Parlaungan Sidoarjo? Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat upaya guru agama dalam membangun kompetensi beragama siswa di SMA Islam Parlaungan Sidoarjo? Bagaimana upaya guru agama untuk mengatasi faktor penghambat dalam membangun kompetensi beragama siswa di SMA Islam Parlaungan Sidoarjo? Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku orang, peristiwa lapangan, serta kegiatan-kegiatan tertentu secara terperinci dan mendalam tentang upaya guru agama (variabel bebas) dalam membangun kompetensi beragama siswa (variabel terikat) dengan menggunakan metode pengwnpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisa dengan menggunakan Deskriptif Kualitatif. Dari Penelitian yang dilakukan terkumpul data yang kemudian dianalisis dengan menggunakan Deskriptif Kualitatif yang mempunyai kesimpulan bahwa upaya guru agama dalam membangun kompetensi beragama siswa Di SMA Islam Parlaungan Kec. Waru Sidoarjo dilaksanakan melalui langkah-langkah yang meliputi Pertama, Kegiatan belajar mengajar yang lingkupnya meliputi Menyusun Diagnostik Progres Test dan Mengembangkan seperangkat Pengajaran Korektif. Kedua, Evaluatif Sumatif. Ketiga Pelaksanaan Tes yang meliputi tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Keempat Penilaian Pelaksanaan Remidial, Pengayaan dalam pembelajaran PAI. Adapun Faktor-faktor yang dapat menghambat pelaksanaan upaya guru Agama dalam Membangun Kompetensi Beragama Siswa adalah terbatasnya waktu, minat siswa rendah, pemahaman guru minim, penilaian hasil belajar rumit dan perhatian orang tua kurang. Sedangkan faktor-faktor Faktor-faktor yang mendukung upaya guru agama dalam membangun kompetensi beragama siswa yaitu adanya SDM guru yang cukup, sarana dan prasarana yang memadai, input siswa cukup tinggi, dukungan pemerintah dan stakehorlder lain dan kegiatan ekstra keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indirasari, DeviUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Anak
Guru
Uncontrolled Keywords: Guru agama; kompetensi beragama; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 06:43
Last Modified: 17 Dec 2018 06:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28887

Actions (login required)

View Item View Item