Pengaruh strategi pembelajaran listening team terhadap minat belajar siswa pada materi PAI di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, Qosim (2009) Pengaruh strategi pembelajaran listening team terhadap minat belajar siswa pada materi PAI di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qosim Mubarok_D01304183.pdf

Download (5MB)

Abstract

Strategi pembelajaran listening team merupakan salah satu pembelajaran pengaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa mampu memaksimalkan kemampuan yang ada dalam dirinya, serta mampu bersaing berperan aktif, efektif dan cerdas dalam meningkatkan kemampuan yang ada pada dirinya. Agar pelaksanaan pembelajaran listening team dapat diimplementasikan dengan hasil yang maksimal, maka diperlukan adanya keseimbangan dari berbagai komponen seperti kurikulum, tenaga kependidikan, kesiapan orang tua, fasilitas pendukung pembelajaran, lingkungan sekolah yang mendukung dan dukungan komite sekolah. Pada skripsi ini penulis berusaha meneliti Bagaimana Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Listening team pada materi PAI di Sekolah Dasar Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo serta Adakah Pengaruh Strategi Pembelajaran Listening team terhadap minat belajar siswa pada materi PAI di Sekolah Dasar Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk mengkaji implementasi strategi pembelajaran listening team terhadap minat belajar siswa pada materi PAI di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan pengumpulan datanya dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus prosentase dan rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran listening team di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo dalam pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56 - l 00% sedangkan prosentase perhitungan minat belajar siswa pada materi PAI pada per item pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 56 % - 75 % dengan kriteria tergolong cukup. Sedangkan dalam implementasinya pembelajaran listening team di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo mempunyai implikasi (dampak/pengaruh) dalam kategori tinggi atau kuat. Hal ini berdasarkan dari hasil perhitungan product moment hasil yang diperoleh 0.7752. dan pada tabel interpretasi berupa pada nilai r=1% = 0,361 dan 5%= 0,279. Menunjukkan antara variabe1 x dan y terdapat implikasi yang kuat/tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, QosimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Minat Siswa
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; listening team; minat belajar siswa; materi PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 06:35
Last Modified: 17 Dec 2018 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28886

Actions (login required)

View Item View Item