Peran Panti Asuhan Yatim Darul Hikmah Surabaya dalam upaya pembentukan kepribadian muslim anak asuhnya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

hikmayah, Laili (2009) Peran Panti Asuhan Yatim Darul Hikmah Surabaya dalam upaya pembentukan kepribadian muslim anak asuhnya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Hikmayah_D01304235.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya keraguan masyarakat tentang eksistensi panti asuhan sebagai lembaga pembentuk kepribadian anak asuhnya khususnya di panti asuhan yatim Darul Hikmah, anak yatim selama ini di sisihkan dari lingkungan masyarakat karena dianggap menjadi beban dan penyebar kerusakan dikalangan generasi penerus sehingga tidak ada mau memperhatikannya. Padahal kedudukan anak yatim sangat dimuliakan oleh Allah maka dari itu sebagai umat Islam memperhatikan anak-anak yatim dalam segala hal. Panti asuhan selama ini di jadikan tempat inisiatif penampungan anak-anak khususnya yatim, yatim piatu dan anak terlantar supaya mendapatkan penghidupan dan pendidikan yang layak sehingga nantinya dapat menjalani kehidupan sesuai dengan koridor agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Peran Panti Asuhan Yatim Darul Hikmah Surabaya dalam Upaya Pembentukan Kepribadian Muslim Anak Asuhnya terkait dengan peran panti asuhan, upaya-upayanya, faktor pendukung dan penghambat serta cara penyelesaiannya Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar panti asuhan yatim Darul Hikmah Surabaya Informen kunci dalam penelitian ini adalah ketua pengurus dan pengasuh panti asuhan. Dalam proses penggalian data, penulis menggunakan beberapa metode diantaranya adalah observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah data yang terkumpul dipergunakan metode analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu: Editing, Reduksi data dan Interpretasi, dari analisis data yang penulis lakukan kemudian ditarik suatu kesimpulan. Adapun kesimpulan yang diperoleh sebagai berikut: Usaha-usaha dalam membentuk kepribadian muslim anak asuhnya lebih di fokuskan pada bidang pembinaan diantaranya: Pembinaan Keagamaan, Pembinaan Ketrampilan, dan Pengembangan bakat yang meliputi olah raga dan kesenian. Peran panti asuhan dalam upaya pembentukan kepribadian muslim anak asuhnya tidak terlepas dari penyelenggaraan pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan luar sekolah (PLS), panti asuhan mempunyai program kegiatan yang meliputi pendidikan Informal, Formal dan Non Formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran panti asuhan yatim Darul Hikmah Surabaya sangat penting dalam mengupayakan pembentukan kepribadian muslim anak asuhnya baik dalam hal pendidikan, perlindungan anak, dan juga membantu mencetak warga negara yang berkepribadian baik dan berakhlak mulia Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya anak asuh, tempat, ustadz, pengasuh dan dorongan (motivasi) dari orang tua dan masyarakat. Faktor penghambatnya adalah perbedaan watak dan sifat anak asuh sehingga mempengaruhi proses pembentukan, kurangnya tenaga pengajar profesional, terbatasnya dana dan lokasi, adapun cara mengatasinya memaksimalkan keadaan dan fasilitas yang ada sebagai pendukung jalannya proses pembentukan khususnya kepribadian muslim anak asuhnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
hikmayah, LailiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepribadian
Panti Asuhan
Anak > Pengangkatan Anak
Uncontrolled Keywords: Panti Asuhan; pembentukan kepribadian muslim; anak asuh
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 04:50
Last Modified: 17 Dec 2018 04:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28885

Actions (login required)

View Item View Item