Efektifitas pembelajaran lesson study terhadap pemahaman siswa pada materi PAI di SLTP Negeri 2 Gempol-Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arafah, Ramadani Gurun (2009) Efektifitas pembelajaran lesson study terhadap pemahaman siswa pada materi PAI di SLTP Negeri 2 Gempol-Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ramadani Gurun Arafah_D31304043.pdf

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Proses pembelajaran didalam kelas kurang mendapat perhatian dari orang tua dan dari pemerintah yang penting hasil UN (Ujian Nasional). Umumnya pembelajaran dilakukan dalam bentuk satu arah guru lebih banyak ceramah di hadapan siswa sementara siswa mendengarkan. Guru beranggapan tugasnya hanya mentransfer pengetahuan yang dimiliki guru kepada siswa dengan target tersampaikannya topik-topik yang tertulis dalam dokumen kurikulum kepada siswa uutuk berkreasi dau tidak melatih siswa uutuk hidup maudiri. Pelajaran yang disajikan guru kurang menantang siswa untuk berfikir, akibatnya siswa tidak menyenangi pelajaran. Untuk mengatasi ha1 tersebut sangat tepat di terapkannya suatu model pembelaajaran yaitu Pembelajaran "Lesson Study". Pembelajaran Lesson Study adalah merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip­ prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dengan demikian LS bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan LS dapat menerapkan berbagai metode/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi guru. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: l).Bagaimana pelaksanaan pembelajaran “Lesson Study" pada materi PAI di SLTP Negeri 2 Gempol-Pasuruan?. 2).Bagaimana pemahaman siswa pada materi PAI di SLTP Negeri 2 Gempol-Pasuruan?. 3)Adakah efektifitas pembelajaran Lesson Stuidy terhadap tingkat pemahaman siswa pada materi PAI di SLTP Negeri 2 Gempol-Pasuruan? Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, interview (wawancara), angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan rumus "REGRESI LINEAR". Hasil penelitian menunjukkan bahwa: l )pelaksanaan pembelajaran "Lesson Study" tinggi. 2)tingkat pemahaman siswa tinggi. 3)adanya keefektifan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan pembelajaran "Lesson Study" terhadap tingkat pemahaman siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji regresi linear sebesar 32,794, dengan asumsi bahwa variable lainnya adalah konstan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arafah, Ramadani GurunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; lesson study; pemahaman siswa; materi PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 04:11
Last Modified: 17 Dec 2018 04:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28883

Actions (login required)

View Item View Item