Studi analisa hukum Islam tentang tindak pidana pemalsuan Takaran Timbangan menurut Pasal 258 KUHP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisfiyah, Nisfiyah (1991) Studi analisa hukum Islam tentang tindak pidana pemalsuan Takaran Timbangan menurut Pasal 258 KUHP. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisfiyah_018613107.pdf

Download (14MB)

Abstract

Perbuatan pemalsuan ukuran/takaran dan timbangan yang dilakukan oleh para pedagang untuk mencari keuntungan pribadi atau orang lain dengan melanggar hukum, meuupakan kejahatan. Perbuatan tersebut sangat tercela serta merupakan tindakan yang tidak bermoral, sehingga hal ini sangat bertentangan dengan hukum Islam dan hukum positip. Pemalsuan dalam ukuran / takaran timbangan yang sudah diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, bahkan didalamnya sudah dijelaskan secara mendetail sehingga menjadi faktor kekuatan bagi hukum yang ada di Indonesia saat ini. Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah kretiria yang bagaimanakah, yang dapat dimasukkan pemalsuan ukuran, timbagan dan ukuran menurut hukum positip. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tindak pidana pemalsuan ukuran / takaran timbangan menurut hukum positip. Adapun data yang dihimpun dalam pembahasan ini meliputi macam-macam, dasar-dasar, sanksi-sanksi dan ketentuan hukum bagi si pelaku pemalsuan ukuran/takaran timbangan. Untuk pembahasan skripsi ini digunakan metode deduktif, induktif dan komperatif yang pada akhir penjelasan meyimpulkan diantaranya bahwa suatu perbuatan pemalsuan ukuran/takaran timbangan sebagaimana yang dimaksud didalam pasal 258 KUHP adalah perbuatan yang akan menjadi suatu tindak pidana, apabila perbuatan itu di sertai dengan melawan hukum, merugikan masyarakat, dilarang, oleh aturan pidana, pelakunya diancam pidana. Dan ketentuan tindak pidana pemalsuan ukuran/takaran timbangan dalam hukum Islam adalah karena melakukan kecurangan baik pada alat-alat ukur, takaran maupun timbangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisfiyah, Nisfiyah--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Hukum Islam; tindak pidana pemalsuan; takaran timbangan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2018 08:17
Last Modified: 14 Dec 2018 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28877

Actions (login required)

View Item View Item