Desain komunikasi pemasaran Majalah Anak-anak Fun dan Ayo di PT. Antar Surya Jaya Surabaya: kajian tentang konsep pemasaran sampai dengan penerbitan majalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilyas, Zubaidah (2011) Desain komunikasi pemasaran Majalah Anak-anak Fun dan Ayo di PT. Antar Surya Jaya Surabaya: kajian tentang konsep pemasaran sampai dengan penerbitan majalah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zubaidah Ilyas_B06207017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang hendak dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimanakah pelaksanaan komunikasi pemasaran dan penggunaan desain dalam majaJah anak­ anak Fun dan Ayo terbitan PT. Antar Surya Jaya Surabaya (Harian Surta), kajian tentang konsep pemasaran sampai penerbitan majalah. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sesuai dengan persoalan tersebut maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam dan dokumenter untuk menegaskan keabsahan data maka dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Subjek penelitiannya adalah majalah anak-anak "Fun" dan "Ayo", yang berlokasi di PT. Antar Surya Jaya, karena sesuai dengan tema penelitian dan telah mengetahui aktifitas internal maupun eksternal. Dalam hal ini peneliti memilih 6 karyawan yang terlibat dalam kreatif desain majalah anak-anak untuk dijadikan sumber informasi. Dengan penelitian ini atas pertimbangan bahwa mereka telah mengetahui PT. Antar Surya Jaya Surabaya, khususnya majalah anak-anak "Fun" dan ''Ayo''. Dari hasil penelitian di PT. Antar Surya Jaya maka dapat disimpu1kan bahwa desain komunikasi pemasaran majalah anak-anak "Fun" dan "Ayo" melalui bahasa desain menggunakan pcrspcktif psikologi warna yang didasarkan pada kecenderungan seseorang dalam pemilihan objek yang berwama untuk menjadi pilihan dan mengungkap pesan gambar. Hal ini sesuai dengan yang dilakukan oleh tim editor yakni mengkonsep ide bcrsama tim kreatif, berdasarkan konsep yang telah dibuat kemudian disusunlah kreatif desain kemudian menciptakan rancangan tampilan majalah. Beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas majalah dan pengclolaannya adalah pcningkatan dan inovasi dari scgi krcativitas gambar dan isi majalah. Dapat pula mcningkatkan inovasi baru dengan membuat karakter kartun baru dan pengelolaan warna yang lebih menarik, sebagaimana tcrscbut dalam perspektif psikologi warna oleh Maria L. David.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilyas, ZubaidahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Pemasaran
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Pemasaran; Desain dan Gambar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2018 07:45
Last Modified: 14 Dec 2018 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28859

Actions (login required)

View Item View Item