Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik dalam upaya mewujudkan Good Governance: studi tentang perilaku birokrasi pada Perusahaan Daerah Air Minum Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suroiya, Lailatus (2012) Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik dalam upaya mewujudkan Good Governance: studi tentang perilaku birokrasi pada Perusahaan Daerah Air Minum Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatus Suroiya_E04208010.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28858

Abstract

Birokrasi merupakan merupakan bagian yang sangat penting dalam pembangunan suatu negara. Namun kenyataannya birokrasi masih menunjukkan kesan yang negatif di mata masyarakat karena selama ini tidak bisa merespon keinginan masyarakat, dipandang bekerja lambat, amat berhati-hati sehingga hal ini tidak dapat diterima oleh orang yang perlu pelayanan cepat, efisien, tepat waktu dan sederhana. Oleh karena itu untuk meningkatkan daya saing yang kian kompetitif diperlukan reformasi birokrasi yang dapat menghasilkan birokrasi profesional dan yang bebas hambatan. Hal inilah yang menjadi prasyarat penyelenggaraan good governance, dengan menerapkan prinsip akuntabilitas, transparansi, efisien dan efektif serta partisipasi yang dilakukan secara demokratis sebagai suatu kesatuan yang utuh. Kualitas pelayanan birokrasi pemerintah sangat bergantung pada kualitas birokrat yang menempati posisi sebagai salah satu pilar penyelenggara pemerintahan. Berbagai opini negatif terhadap keberadaan para birokrat mengakibatkan masyarakat semakin apriori terhadap segala bentuk kiprah birokrasi. Stereotipe birokrasi pemerintahan pada umumnya bersumber dari kondisi organisasi yang bergerak dengan ritme lamban sehingga dalam banyak hal sering inefisien dan inefektif. Untuk mengatasi semua keluhan tersebut perlu dilakukan suatu reformasi birokrasi dan penerapan good governance yang terarah, sistematis dan didasarkan atas proyeksi masa depan. Tekad untuk mewujudkan reformasi birokrasi dan sekaligus good governance harus menjadi tujuan bersama. Berpijak pada fenomena tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana reformasi birokrasi pelayanan publik di PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat reformasi birokrasi pelayanan publik di PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo. Dipilihnya PDAM Delta Tirta sebagai Iokasi penelitian karena PDAM Delta Tirta sebagai organisasi sektor publik mempunyai dualisme tujuan, di satu sisi mempunyai tujuan sosial yaitu mencapai kesejahteraan masyarakat melalui pelayanannya, dan di sisi lain mempunyai tujuan ekonomi dengan motif surplus laba dalam rangka memberikan konstribusinya pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sidoarjo, di samping itu juga PDAM Delta Tirta menjukkan prestasi pelayanan publik yang cukup signifikan. Untuk menjawab perumusan masalah tersebut, maka dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, yang diharapkan dalam mengkaji permasalahan dapat lebih mendalam dan komprehensif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan dari pihak PDAM dilakukan dengan cara purpose sampling, dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball. Begitu juga pemilihan informan dari pelanggan menggunakan cara purpose sampling. Proses analisis data dilakukan dengan menguji, mengkategorikan, serta mengkombinasikan kembali bukti-bukti yang didapatkan untuk merujuk pada pijakan awal penelitian, sedangkan validitas data dapat diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Reformasi kinerja birokrasi di PDAM Delta Tirta diwujudkan melalui melalui diklat pegawai, mendorong timbulnya iklim kompetisi yang sehat, adanya mekanisme reward dan punishment serta mengimplementasikan prinsip-prinsip good governance. (2) Reformasi prosedur pelayanan di PDAM Delta Tirta diwujuddkan melalui inovasi pelayanan berbasis kecanggihan teknologi, informasi dan komunikasi serta sikap pelayanan yang bersahabat. Sedangkan faktor pendukung reformasi birokrasi di PDAM Delta Tirta adalah komitmen pegawai yang cukup tinggi, memiliki kerjasama dengan pihak swasta, adanya sanksi yang tegas terhadap pelanggaran pelanggan, serta adanya dukungan dari eksekutif dan DPRD. Sementara faktor penghambatnya adalah sistem rekrutmen pegawai yang masih tertutup dan spesifikasi pendidikan (basic skill) pegawai pada umumnya kurang sesuai dengan posisi atau jabatan yang diemban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suroiya, Lailatus--UNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Perilaku
Keywords: Reformasi Birokrasi; Pelayanan Publik; Good Governance
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2018 04:37
Last Modified: 06 Dec 2018 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28858

Actions (login required)

View Item View Item