Pengaruh Metode Brain Based Teaching terhadap kemampuan menghafal Al Qur'an Surat Al Jumu'ah siswa Kelas IV MI Al Hidayah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasana, Amila Afina (2009) Pengaruh Metode Brain Based Teaching terhadap kemampuan menghafal Al Qur'an Surat Al Jumu'ah siswa Kelas IV MI Al Hidayah Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amila Afina Hasana_D01205108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sistem pembelajaran yang masih memposisikan siswa sebagai pendengar sehingga pembelajaran terlihat pasif dan akibatnya siswa menjadi malas, ramai dan nilai yang di dapat sangat tidak memuaskan. Dari situlah seorang guru mata pelajaran Al Qur'an Hadits mencari sebuah solusi dengan menggunakan sebuah metode Brain Based Teaching. Metode Brain Based Teaching adalah sebuah metode yang sistem pelaksanaannya juga memperhatikan dan melibatkan lima macam komponen pernbelajaran. Kelima komponen pembelajarannya adalah pembelajaran emosional, pembelajaran sosial, pembelajaran kognitif dan pembelajaran reflektif. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. untuk mengetahui penggunaan metode Brain Based Teaching dalam proses pembelajaran 2. Untuk mengetahui kemampuan menghafal siswa 3. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Brain Based Teaching terhadap kemampuan menghafal siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif karena penelitian ini adalah penelitian lapangan yang memerlukan analisis statistik (data berupa angka) untuk memperoleh kebenaran mengenai apa yang iagin diketahui. Teknik sampling dalatn penelitian ini adalah menggunakan pendekatan populasi yakni siswa kelas IV sebanyak 40 anak, karena hanya guru Al Qur'an Hadits ke!as IV yang menggunakan metode ini. Sedangkan metode yang digunakan pada pengumpulan data ini adalah metode observasi, angket, interview, serta dokumentasi. Data yang di gunakan untuk menjawab permasalahan di atas adalah, bahwa pelaksanaan metode Brain Based Teaching adalah cukup dengan nilai 56,2 %. Bahwa kemampuan menghafal siswa dalam hal ini surat Al Jumuah juga tergolong cukup karena nilai menghafal rata-rata siswa adalah 7,175. 3. Sedangkan ada tidaknya pengaruh metode Brain Based Teaching terhadap kemampuan menghafal di hitung dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan metode analisis parsial dan simu1tan. Hasil pada analisis simultan menunjukkan bahwa pembclajaran kinestetik yang berpengaruh lebih besar dalam menghafal hal ini di tunjukkan dengan adanya kenaikan sebesar 27 poin, sedangkan pada analisis simultan setelah dihitung menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat tinggi setelah r di konsultasikan dengan tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasana, Amila Afina--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Brain Based Teaching; kemampuan menghafal; menghafal Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2018 08:12
Last Modified: 05 Dec 2018 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28856

Actions (login required)

View Item View Item