Layanan pengembangan anak berbakat di Madrasah Terpadu Model Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosul, Umana Ur (2010) Layanan pengembangan anak berbakat di Madrasah Terpadu Model Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umana Ur Rosul_F05407147.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak berbakat adalah a gift from god, dan merupakan sumber daya manusia berkualitas yang bermakna. Anak berbakat membutuhkan penanganan khusus. Jika mendapat pembinaan yang tepat akan dapat mengembangkan bakat dan kemampuan mereka secara optimal. Dalam kondisi obyektifnya masih sangat kurang pelayanan khusus bagi anak berbakat sebagai sumber daya manusia berpotensi unggul, sehingga mereka tidak dapat memberi sumbangan yang luar biasa kepada masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (a). Bagaimana cara mengidentifikasi anak berbakat di MADU MPP MAN Lumajang? (b). Bagaimana faktor pacu dan picu dalam pengembangan kreativitas mereka? (c). Bagaimana layanan pengembangannya? Penelitian ini disebut penelitian kualitatif deskriptif. Sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Wakil-wakil Kepala Sekolah, Guru BK, pembina kegiatan ekstrakurikuler dan siswa. Tehnik pengumpulan datanya adalah: Wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis datanya menggunakan pendekatan fungsionalisme struktural. Hasil penelitian ini adalah: (1) Cara mengidentifikasi anak berbakat di MAN Lumajang didasarkan pada kecerdasan, bakat dan minat dan keuletan dalam melaksanakannya. (2) Faktor pacu dalam mengembangkan anak berbakat adalah: Semangat siswa untuk mengembangkan diri dan berkompetisi serta mengharumkan nama baik almamater, budaya berprestasi yang sudah mengakar, sarana dan prasarana serta biaya operasional dibebankan ke RAPBM MAN Lumajang, penghargaan untuk siswa yang juara, latihan pengembangan diri, evaluasi dan laporan ke orang tua tiap akhir semester. Faktor picunya meliputi: Masih adanya beberapa bakat dan minat siswa belum tersalurkan, tidak adanya persetujuan dengan orang tua tentang pemilihan program pengembangan diri, belum adanya administrasi yang standart dari MAN seputar layanan siswa berbakat, kurangnya waktu yang tersedia, sulitnya mencari pembina kegiatan pengembangan diri (3) Layanan pengembangan anak berbakat di MAN Lumajang adalah Layanan orientasi, Informasi, penempatan dan penyaluran, bimbingan belajar, konseling perseorangan, bimbingan kelompok dan konseling kelompok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosul, Umana Ur--UNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Pendidikan > Sumber Daya Manusia
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Layanan pengembangan anak berbakat; bakat anak
Divisions: Program Magister > Pemikiran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:09
Last Modified: 05 Dec 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28853

Actions (login required)

View Item View Item