Studi analisa terhadap Tafsir Rawaiul Bayan Tafsir Ayat Al Ahkam Minal Quran karya Muhammad Ali As Sabuni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholidah, Diana (1989) Studi analisa terhadap Tafsir Rawaiul Bayan Tafsir Ayat Al Ahkam Minal Quran karya Muhammad Ali As Sabuni. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Cholidah_546.pdf

Download (31MB)

Abstract

Diantara kitab-kitab tafsir yang telah ada, terdapat kitab tafsir yang baru yaitu kitab tafsir Rawa'i'ul Bayan Tafsir Ayat Al Ahkam Minal Qur'an yang disusun oleh mufassir baru, seorang 'ulama' dari kalangan sunni yang menguasai beberapa disiplin ilmu pengetahuan, khususnya di bidang tafsir, hadis dan fiqh. Kitab tafsirnya walaupun merupakan kitab tafsir yang baru, tetapi ternyata cepat populer dan banyak peminatnya, terutama di kalangan cendekiawan muslim di Indonesia, karena isinya yang pada, pembanasannya luas, sistematikanya baru, dengan memadukan antara sistematika lama dan sistematika modern dengan bahasan yang mudah dipahami. Dengan demikian perlu dikaji lebih mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan tafsir tersebut. Permasalahan yang dika ji dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: Bagaimana metode tafsir Rawa'i'ul Bayan Tafsir Ayat Al-Ah.kam minal-Qur'an tersebut? Bagaimana sistematika tafsir Rawa'i'ul Bayan AYat Al-Ahkam minal-Qur'an itu? Bagaimana pendirian As-sabuni didalam tafsir Rawa1 i'ul Bayan Tafsir Ayat Al-Ah.kam minal Qur'an itu? Apa tujuan disusunnya tafsir Rawai'ul Bayan Tafsir ayat Al-Ahkam minal Qur'an itu? Untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan penelitian ini, ditempuh studi kepustakaan (library reseach), yaitu dengan jalan mengkaji buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan dan melalui interview yaitu wawancara atau menanyakan langsung kepada penulis tafsir tersebut atau kepada murid-muridnya. Dalam mengolah dan menganalisa data dalam menyusun skripsi ini digunakan metode deduktif, dan metode induktif, dengan akhir pembahasan menyimpulkan bahwa sistematika tafsir Rawa'i'ul-Bayan Tafsir Ayat Al-Ahkam minal-Qur'an menggunakan sistematiKa yang lengkap dengan menitikberatkan pembahasannya pada 10 segi pembahasan yaitu untuk yang dapat dibahas deugan 10 segi pembahasan, tetapi yang tidak memerlukan demikian hanya dibahas dengan 9 , 8, 7, 6 atau 4 segi pembahasan sesuai dengan materi yang dibahas. Kecenderungan/pendirian As-Sabuni dalam tafsir Rawaiul-Bayan Tafsir Ayat Al-Ahkam minal-Qur'an dalam mentarjih beberapa pendapat cenderung kepada kekuatan dalil yang ditampilkan, baik dari kekuatan dalil Al-Qur'an, atau dari sunnah Nabi, atau dari arti bahasa, dan atau dari argumentasi yang dapat diterima akal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholidah, Diana--UNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Uncontrolled Keywords: Tafsir Rawaiul Bayan; Tafsir Ayat AL Ahkam; Muhammad Ali As Sabuni
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2018 07:56
Last Modified: 04 Dec 2018 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28851

Actions (login required)

View Item View Item