Demokrasi Gus Dur perspektif dakwah dalam buku Jagadnya Gus Dur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, May Aini Lutfi (2011) Demokrasi Gus Dur perspektif dakwah dalam buku Jagadnya Gus Dur. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
May Aini Lutfi Azizah_B01207038.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana demokrasi dalam perspektif dakwah jika dilihat dari jumlah kata demokrasi dalam buku "Jagadnya Gus Dur", Sebab seperti yang kita ketahui, meski dianggap sebagai sistem terbaik untuk kemaslahatan umat, namun sistem demokrasi tidaklah lahir dari budaya Islam, melainkan budaya barat. Hal ini yang menjadikan sistem demokrasi sangat kontroversial dimata sebagian umat muslim Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui demokrasi yang diusung Gus Dur dalam kacamata dakwah Islam. Karena itu, metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah Content Analisis, yaitu menganalisis kata demokrasi yang ada pada kumpulan artikel dalam buku "Jagadnya Gus Dur", kemudian dianalisis menggunakan teori Klauss Krippendorf. Jumlah kata demokrasi pada buku "Jagadnya Gus Dur" terdapat 132 kata, jwnlah ini merepresentasikan bahwa demokrasi merupakan materi dakwah yang diusung oleh Gus Dur dalam perjalanan dakwahnya untuk mewujudkan kemaslahatan wnat. Sebab, pada dasamya demokrasi memiliki nilai-nilai keadilan, solidaritas, toleransi, persaudaraan, bernegara dan sebagainya. Karena keterbatasan waktu dan peneliti, maka diharapkan pada penelitian lain yang melanjutkan penelitian ini dengan metode dan hasil yang lebih sempuma.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, May Aini LutfiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Dakwah > Dakwah - Media
Demokrasi
Uncontrolled Keywords: Demokrasi; Gus Dur; perspektif dakwah; buku Jagadnya Gus Dur
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:47
Last Modified: 29 Nov 2018 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28834

Actions (login required)

View Item View Item