Efektivitas metode pembelajaran Computer Assisted Learning (CAL) dalam meningkatkan pemahaman materi Mawaris di SMK TI Pondok Modern Muhammadiyah Paciran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Imroatus (2009) Efektivitas metode pembelajaran Computer Assisted Learning (CAL) dalam meningkatkan pemahaman materi Mawaris di SMK TI Pondok Modern Muhammadiyah Paciran. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatus Sholihah_D01205145.pdf

Download (2MB)

Abstract

Belajar pada hakikatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Metode yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menumbuhkan kegiatan belajar bagi siswa. Dan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar atau pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih tentang mawaris hal ini disebabkan pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masih berjalan secara konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan metode CAL atau Computer Assisted Learning yang merupakan kegiatan berstruktur, di mana komputer diprogramkan dengan permasalahan-permasalahan dan siswa diminta untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan komputer, dalam hal ini siswa akan termotivasi dan semangat serta dapat berpikir secara kritis dan kreatif. Penelitian ini dilakukan di SMK TI Pondok Modem Muhammadiyah Paciran, jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa SMK dengan jumlah 114 siswa dan peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu peneliti memilih kelompok kelas XII sebagai sampel observasi, interview, dokumentasi dan tes, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan uji "pairet test". Berdasarkan analisis dalam pelaksanan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran CAL selama dua pertemuan adalah dengan kriteria baik yaitu denagna 3,44. hasil analisis untuk pemahaman (ketuntasan belajar) siswa selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan CAL tergolong tuntas/paham yaitu dapat dilihat dari hasil post test diperoleh 22 siswa dari 24 siswa siswa tuntas belajar karena memiliki daya serap 81,25 secara klasikal.proses pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan CAL pada materi mawaris tuntas kerena 91,6%. Untuk menguji efektivitasnya metode pembelajaran CAL dalam meningkatkan pemahaman dapat dilihat dari hasil uji pairet test, maka dari itu dapat dikatakan metode pembelajaran CAL efektif dalam meningkatkan pemahaman. Untuk itu dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik SMK-TI Pondok Modern Muhammadiyah maupun instansi pendidikan lainnya untuk lebih meningkatkan kemampuan belajar dengan metode yang tepat guna seperti metode Computer Assisted Leaming (CAL).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Imroatus--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Computer Assisted Learning; Mawaris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:10
Last Modified: 29 Nov 2018 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28833

Actions (login required)

View Item View Item