Penggunaan selebriti endorse dan humor sebagai daya tarik dalam iklan: study analisis semiotik Roland Barthespada iklan Sampoerna Hijau versi banjir

Wahyuningsih, Tri (2010) Penggunaan selebriti endorse dan humor sebagai daya tarik dalam iklan: study analisis semiotik Roland Barthespada iklan Sampoerna Hijau versi banjir. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tri Wahyuningsih_B06206060.pdf

Download (791kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat persoalan yang dikaji yaitu : bagaimana penanda dan petanda yang menyatakan selebriti endorse dan humor sebagai daya tarik dalam iklan "Sampoerna Hijau versi Banjir" Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis semiotik, yaitu menganalisis simbol-simbol "selebriti endorse dan humor" yang terdapat pada iklan "Sampoerna Hijau versi Banjir". Untuk menjawab persoalan diatas peneliti menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Dengan menganalisis tanda denotatif dan tanda konotatif iklan tersebut. Sehingga peneliti dapat memberi makna pada simbol­ simbol yang mengandung makna. Periklanan adalah komunikasi komersil dan non personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame, atau kendaraan umum. Televisi merupakan media periklanan yang paling berhasil karena rnenggabungkan unsur audio dan visual. Penggunaan selebriti endorse dan humor merupakan strategi periklanan untuk menimbulkan ketertarikan khalayak kepada produk yang di iklankan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa setiap teknik pengambilan gambar, dialog antar aktor, pakaian yang dikenakan aktor, dan termasuk didalamnya tata mak e up dan bahasa tubuh (body language) serta property yang dipakai setiap aktor dalam iklan ini semakin memperkuat penggambaran mengenai selebriti endorse dan humor. Dalam hal ini dibuktikan dengan berbagai macam penanda yang memiliki makna baik berupa suara, dialog antar aktor, tulisan. body language, property maupun setting. Sedangkan petanda dalam iklan "Sampoerna Hijau versi Banjir" ini adalah gambaran dari pikiran atau konsep yang menjadikan petanda menjadi tanda. lklan "Sampoerna Hijau versi Banjir" ini berisi tentang penggambaran penggunaan selebriti endorse dan humor sebagai daya tarik dalam iklan, disetiap adegan, dialog, body language, scrta property yang dipakai oleh ak:tor dalam iklan ini menggambarkan penggunaan selebriti endorse dan humor. Dalam setiap dialog antar aktor dalam iklan ini mengkonotasikan realitas dalam kehidupan masyarakat desa di Indonesia.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nurdin, Ali
Uncontrolled Keywords: Selebriti endorse; humor; daya tarik iklan; semiotik
Subjects: Dakwah > Semiotika
Iklan
Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:02
Last Modified: 28 Nov 2018 08:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item View Item