Implikasi perbedaan redaksi matan terhadap kualitas hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Latifah (2018) Implikasi perbedaan redaksi matan terhadap kualitas hadis. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Latifah Anwar_F02816169.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tesis ini termasuk penelitian kepustakaan yang bahan penelitiannya terdiri dari literatur tertulis yang berupa literatur berbahasa Arab atau literatur berbahasa Indonesia. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan mengenai perbedaan redaksi dalam matan hadis yang sering ditemukan ketika dilakukan takhrij hadis. Cukup banyak matan hadis yang semakna dengan tema yang sama namun tersusun dengan redaksi yang berbeda. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan, yaitu bagaimana latar belakang terjadinya perbedaan redaksi pada matan hadis dan implikasinya terhadap kualitas matan hadis. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang terjadinya perbedaan redaksi pada matan hadis dan implikasinya terhadap kualitas matan hadis. Jenis penelitian dalam karya ilmiah ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Data primer dalam penelitian ini merupakan data yang berhubungan dengan perbedaan redaksi matan hadis dan implikasinya terhadap kualitas hadis, yaitu seperti kutub al-hadis dan kitab ulum al-hadith. Sedangkan data sekunder meliputi data tertulis yang mempunyai relevansi dengan data primer. Dalam proses analisis data, penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis) untuk mengungkap informasi yang ada pada teks. Hasil dari penelitian tesis ini yaitu Adanya perbedaan redaksi pada matan hadis dilatarbelakangi oleh beberapa hal, di antaranya yaitu; a) Adanya periwayatan hadis secara lafal dan makna dalam hadis qawli; b) Adanya perbedaan ungkapan dalam meriwayatkan hadis fi‘li, taqriri dan ahwali; c) Adanya kesalahan dalam periwayatan hadis; d) Pengulangan sabda oleh Rasulullah dalam waktu dan kondisi yang berbeda. Sedangkan implikasi perbedaan redaksi matan terhadap kualitas hadis yaitu; a) Kualitas hadis dihukumi da‘if; b) Perbedaan kandungan hukum pada matan hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Latifahlatifah.anwar18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Matan; Hadis
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Anwar Latifah
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:51
Last Modified: 27 Nov 2018 04:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28815

Actions (login required)

View Item View Item