Discourse analysis pesan dakwah dalam novel musafir cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Fifin Kurnia (2009) Discourse analysis pesan dakwah dalam novel musafir cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fifin Kurnia Wati_B31205003.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28813

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana pesan dakwah disampaikan dalam sebuah novel untuk itu peneliti menetapkan novel 'Musafir Cinta' sebagai obyek penelitian, penulis menggunakan metode analisis wacana dengan model Teun Van Dijk. Serta menggunakan pendekatan teori pesan dakwah. Penelitian ini di fokuskan pada penyampaian pesan dakwah dalam novel Musafir Cinta (MC). Dalam penelitian kali ini dihasilkan bagaimana pesan dalam novel musafir cinta disampaikan. Dari struktur tematik terlihat topik ditulis menggunakan font 20 dengan model times new roman yang dimodifikasi terlihat menarik, dilihat dari struktur skematik dapat dilihat bahwa pesan disampaikan dengan menggunakan alur maju, dimana cerita dimulai dari depan kebelakang sehingga di belakang mengandung kesimpulan yang memberikan solusi bagaimana menghadapi permasalahan yang dihadapi dalam kisah tersebut, karena dalam novel tersebut cerita disusun dengan tema-tema yang disesuaikan dengan kondisi yang ada dalam kisah tersebut. Dari struktur semantik terlihat makna yang ingin disampaikan dengan menggunakan elemen latar dan detail terlihat makna apa yang ingin ditekankan, kemudian dilihat dari struktur stalistik dapat diamati gaya bahasa yang digunakan adalah majas personifikasi, untuk memberikan sentuhan sastra, dan terlihat juga bahasa arab yang di cetak miring, kemudian dari struktur retoris yang ditekankan adalah gaya pengungkapan dan juga bahasa yang digunakan bersifat sederhana, bahasa sehari-hari yang dipakai sehingga mudah untuk dimengerti, penggunaan ayat-ayat al-Qur'an sebagai dalil penguat pesan yang disampaikan, dari proses analisis tersebut dapat ditemukan bahwa yang menjadi pesan dakwah sentral pada novel ini adalah masalah tarekat (jalan menuju Allah), yang sudah dijelaskan oleh topiknya yaitu "Musafir Cinta". Rekomendasi: pada penelitian ini masih banyak kekurangan yang mungkin bisa dilanjutkan oleh peneliti berikutnya. Pada penelitian ini baru memfokuskan permasalahan pada bagaimana penyampaian pesan dakwah dalam novel musafir cinta dilihat hanya dari teks yang ada semata, untuk itu peneliti berharap pada penelitian berikutnya bisa sampai pada kognisi seorang penulisnya agar penelitian
dapat menghasilkan sesuatu yang lebih dari penelitian sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Fifin KurniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Sastra
Keywords: Discourse analysis; pesan dakwah; novel musafir cinta
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:17
Last Modified: 27 Nov 2018 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28813

Actions (login required)

View Item View Item