Dakwah Islamiyah melalui media radio: studi tentang respon pegawai Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya terhadap keberadaan radio Suara Akbar Surabaya (SAS) FM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyitoh, Reny (2009) Dakwah Islamiyah melalui media radio: studi tentang respon pegawai Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya terhadap keberadaan radio Suara Akbar Surabaya (SAS) FM. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Reny Masyitoh_B31205001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : ( 1) Bagaimana respon pegawai Masjid Nasional al-Akbar Surabaya terhadap keberadaan radio SAS FM, (2) Bagaimana program acara radio SAS FM yang diinginkan oleh pegawai Masjid Nasional al-Akbar Surabaya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis induktif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai respon pegawai Masjid Nasional al-Akbar Surabaya terhadap keberadaan radio SAS FM. Kemudian data tersebut dianalisis dengan model Jarum Hipodermik, sehingga memperoleh data yang bersifat holistik (utuh). Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Respon pegawai Masjid Nasional al-Akbar Surabaya terhadap keberadaan radio SAS FM sangat positif, kebanyakan dari mereka sangat menyetujui keberadaan radio SAS FM, dengan alasan keberadaan radio SAS FM sebagai radio baru sangat tepat sebagai media dakwah atau syiar Islam. Melalui radio SAS FM, Syiar di Masjid Nasional al­ Akbar Surabaya tidak lagi terhalangi oleh ruang, dimana pun kita dapat mendengarkan program-program acara keagamaan yang disiarkan langung oleh radio SAS FM. Masjid Nasional al-Akbar Surabaya juga menjadi patokan waktu sholat untuk Surabaya dan sekitamya, karena setiap adzan sholat lima waktu selalu disiarkan oleh radio SAS FM. Dan pengajian yang ada di Masjid Nasional al-Akbar Surabaya dapat didengar oleh masyarakat luas melalui radio SAS FM. (2) Program acara radio SAS FM yang diinginkan oleh pegawai Masjid Nasional al-Akbar Surabaya yaitu Berbagai macam program acara yang diinginkan oleh pegawai Masjid Nasional al-Akbar Surabaya. Sebagian menginginkan bahwa radio SAS FM seharusnya ada acara dialog keagamaan bersama ustadz maupun ustadzah yang berada di lingkungan Masjid Nasional al-Akbar Surabaya, ada sisipan ayat suci Al-Qur'an dan Hadits disetip acara, adanya belajar membaca Al­ Qur'an melalui radio SAS FM, adanya acara yang bisa menarik minat remaja untuk mendengarkan radio SAS FM, dan untuk acara musik agar semua jenis musik dapat diputar di radio SAS FM, serta pegawai Masjid Nasional al-Akbar Surabaya juga menginginkan agar acara di radio SAS FM lebih dipadatkan lagi dan jam siarnya ditambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyitoh, RenyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Radio - Penyiaran
Tenaga Kerja
Uncontrolled Keywords: Dakwah; radio; respon pegawai masjid; keberadaan radio SAS FM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:13
Last Modified: 27 Nov 2018 03:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28811

Actions (login required)

View Item View Item