Hubungan antara kematangan social dengan kecendrungan gaya hidup konsumtif pada remaja putri di SMA Negeri Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Laila (2009) Hubungan antara kematangan social dengan kecendrungan gaya hidup konsumtif pada remaja putri di SMA Negeri Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Laila Mufidah_B07504061.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membanjirnya barang-barang di pasaran mempengaruhi sikap seseorang terhadap pembelian dan pemakaian barang. Pertanyaan utama yang dapat diajukan kepada seseorang yang hendak membeli suatu barang atau jasa adalah: apakah ia membeli karena kebutuhan (need) ataukah karena keinginan (want). Kalau seseorang membeli karena kebutuhannya, maka ia terkatagori sebagai pembeli yang rasional. Kalau ia membeli karena keinginannya, maka ia tergolong bertindak tidak rasional. Ketika seseorang membeli secara rasional tidak dibutuhkannya, maka ia dapat digolongkan sebagai orang yang konsumtif, dan tindakannya disebut sebagai prilaku konsumtif. Dari permasalahan diatas maka akan muncul pertanyaan adakah hubungan yang signifikan antara kematangan social dengan kecenderungan gaya hidup konsumtif di SMAN Krian. Metode yang penulis gunakan adalah tipe penelitian survei dengan model korelesional. Model penelitian ini dipilih karena hal ini sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mencari hubungan antara kematangan social dan kecenderungan gaya hidup konsumtif pada remaja putri di SMAN Krian. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa jika remaja mempunyai tingkat control internal yang tinggi atau memiliki kematangan social yang tinggi maka akan menekan sikap konsumtifitya, atau sebaliknya. Dari penelitian ini remaja diharapkan dapat lebih hemat dalam membelanjakan uangnya. Bagi guru diharapkan dapat lebih memperhatikan lingkungan pergaulan para siswa disekolah. Sedangkan bagi orang tua diharapkan tidak membatasi lingkup pergaulan anak-anaknya dengan tetap memberikan pengawasan dalam cara-cara anak bergaul.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, LailaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Remaja, Gaya hidup
Uncontrolled Keywords: Kematangan social; perilaku konsumtif; remaja putri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2018 02:51
Last Modified: 27 Nov 2018 02:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28810

Actions (login required)

View Item View Item