Aktivitas dakwah seksi agama LKMD dalam mengentas pengangguran remaja di Desa Kedungsari Kecamatan Maron Kab. Probolinggo: study kasus praktek dakwah dengan pendekatan pekerjaan sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Royani, Imam (1999) Aktivitas dakwah seksi agama LKMD dalam mengentas pengangguran remaja di Desa Kedungsari Kecamatan Maron Kab. Probolinggo: study kasus praktek dakwah dengan pendekatan pekerjaan sosial. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Royani_119200161.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbagai bentuk dan corak kehid upan serta pergaulan kota sudah merasuki kehidupan remaja Kedungsari, sehingga ketika kembali ke desa perga ulan dan tingkah lakunya sudah ala kota, bahkan lebih buruk dari tingkah laku masyarakat (remaja) kota yang sewajarnya, akhlaqnya semakin jelek lebih-lebih dalam beribadah mayoritas sering meninggalkan sholat dan puasa, yang lebih parah lagi ada sebagian yang enggan kembali ke kota untuk bermalas-malasan dan menjadi penga ngguran. Dari kondisi mental remaja Kedungsari yang sangat memprihatinkan, yaitu mental yang tidak didasari oleh iman yang kuat dalam menjalani beban hidup dan tidak mau mensyukuri atas apa yang diberikan oleh Allah Swt, tergeraklah hati aparat desa untuk mengatasi hal itu agar tidak berlarut-larut. Dengan segala upaya dan cara, aparat desa sepakat untuk memberi nasehat atau pembinaan terhadap remaja yang nganggur. Tanggung jawab ini diserahkan langsung kepada seksi agama LKMD yang bertugas untuk menciptakan bagaimana remaja itu mempunyai mental yang baik. Masalah yang diangkat dalam pembahasan ini adalah bagaimana upaya Seksi Agama LMD dalam mengentas pengangguran dan kemerosotan mental pada diri remaja di Desa Kedungsari Kec. Maron Kabupaten Probolinggo. Bagaimana dakwah dengan metode pekerjaan sosial yang peneliti praktekkan dalam mengatasi pengangguran dan kemerosotan mental remaja di desa Kedungsari. Problem atau hal-hal apa saja yang menghambat dalam pelaksanaan pembinaan mental rema ja di desa Kedungsari. Penelitian ini bila ditinjau dari pelaksanaannya merupakan Qisy eksperimen. Yang dieksperimenkan adalah penerapan metode Pekerjaan Sosial dalam berdakwah dengan tehnik bimbingan sosial kelompok (Sosial Group Work). Pelaku eksperimen adalah peneliti sendiri, dengan demikian peneliti sekaligus bertindak sebagai dai yang menggunakan pendekatan Pekerjaan Sosial, dengan tehnik Sosial Group Work (bimbingan sosial kelompok). Penelitian ini bersifat studi kasus, maka penelitian ini dilakukan secara intensif terinci dan lebih mendalam dengan menggunakan tehnik diskripsi kualitatif. Hasil akhir dari pembahasan ini menyimpulkan diantaranya bahwa penanganan pengangguran dikalangan remaja yang dilakukan pengurus LKMD Desa Kedungsari dengan kiat pekerjaan sosial dapat dikatakan efektif dan berhasil. Dengan adanya pembinaan mental dalam mengatasi pengangguran dikalangan remaja yang dilakukan oleh pengurus LKMD desa Kedungsari dengan kiat pekerjaan sosial mulai menampakkan kemajuan dengan bukti remaja-remaja mulai mempunyai semangat berusaha dalam meningkatkan taraf hidupnya, menjalankan kewajibannya sebagai manusia yang selama ini mereka lalaikan, yakni menyerahkan hidupnya kepada Allah karena lindungan dan pertolongan Nya hidup ini akan bahagia serta sabar dalammenghadapi ujian hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Royani, Imam--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Remaja
Dakwah > Dakwah - Motivasi Kerja
Remaja, Gaya hidup
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dakwah; LKMD; pengangguran; remaja; pekerjaan sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2018 08:39
Last Modified: 26 Nov 2018 08:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28801

Actions (login required)

View Item View Item