Dakwah muslim Tionghoa: kajian metode dan pesan ceramah Ust. Syaukanie Ong pada Muslim Tionghoa di Masjid Cheng Ho Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chandra, Desembasri (2009) Dakwah muslim Tionghoa: kajian metode dan pesan ceramah Ust. Syaukanie Ong pada Muslim Tionghoa di Masjid Cheng Ho Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Desembasri Chandra_B01205016.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28799

Abstract

Dalam skripsi ini peneliti mengkaji metode dan pesan ceramah Ust. Syaukanie Ong di komunitas muslim Tionghoa dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana metode ceramah Ust. Syaukanie Ong pada muslim Tionghoa di Masjid Cheng Ho Surabaya?. (2) Bagaimana pesan ceramah Ust. Syaukanie Ong pada muslim Tionghoa di Masjid Cheng Ho Surabaya? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pisau analisis teori Stimulus­ Respon, metode dan pesan ceramah Ust. Sysukanie bisa dijelaskan bahwa metode dan pesan ceramah beliau memiliki kekhususan karena ditujukan kepada komunitas muslim Tionghoa yang rata-rata baru mengenal Islam setelah dewasa. Hal ini dilakukan agar pesan ceramah beliau diterima oleh audiens dan bisa direspon dengan baik oleh mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan sa1ah satu fonomena yang terjadi di komunitas muslim Tionghoa Surabaya dengan menggunakan data-data tertulis dan wawancara, khususnya yang ada di lingkungan masjid Cheng Ho Surabaya. Selain itu peneliti juga menggunakan sumber literer sebagai media komparasi terhadap data utama penelitian. Dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa metode ceramah Ust. Syaukanie menggunakan metode ceramah persuasif, yaitu mengajak seseorang dengan cara halus, ramah, sopan dan sebagainya. Sehingga orang yang mendengar ceramah seakan mendapat saran dan arahan yang tidak menggurui. Dari pesan ceramah Ust. Syaukanie Ong yang terekam dalam penelitian ini adalah seputar pernikahan. Namun dalam pesan tersebut, Ust. Syaukanie tidak mengupas secara tuntas inti pernikahan, seperti nikah menurut imam A dan imam B. Beliau hanya menjelaskan moralitas dalam pernikahan serta pernikahan dalam perspektif al­ Quran yang beliau pahami. Selain itu, ada beberapa persoalan yang juga disinggung saat beliau memberikan ceramah seperti fenomena aktual yang sedang terjadi. Namun yang paling penting saat beliau memberikan ceramah adalah inti ceramah beliau yang• masih diseputar akhlak dan syariah. Rekomendasi untuk peneliti yang akan datang adalah, sedikitnya kajian tentang peran komunitas muslim Tionghoa dalam syiar Islam merupakan lahan garapan yang belum selesai. Penelitian yang penulis lakukan pada saat ini hanya satu dari sekian banyak sisi dakwah yang telah dilakukan oleh muballigh dari warga keturunan Tionghoa, dan peneliti paham betul bahwa penelitian ini masih jauh dari sempurna oleh karena itu, harapan peneliti untuk peneliti yang akan datang adalah bagaimana agar peneliti-peneliti selanjutnya mampu mengungkap fenomena yang lebih substansial lagi tentang syiar Islam warga keturunan Tionghoa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chandra, DesembasriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Dakwah > Dakwah - Metode
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Metode dan pesan ceramah; dakwah muslim Tionghoa; teori stimulus-respon
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2018 04:49
Last Modified: 26 Nov 2018 04:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28799

Actions (login required)

View Item View Item