Radio sebagai media dakwah: peranan siaran Suara Fitrah sebagai radio Dakwah di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Ani Tri (2009) Radio sebagai media dakwah: peranan siaran Suara Fitrah sebagai radio Dakwah di Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ani Tri Lestari_B01205026.pdf

Download (727kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28767

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah :1.Apa saja materi siaran keagamaan yang disajikan radio dakwah Suara fitrah Surabaya. 2. Bagaimanakah peranan siaran radio Suara fitrah sebagai media dakwah di Surabaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi siaran keagamaan yang disajikan radio dakwah Suara Fitrah dan untuk mengetahui peranan siaran radio Suara Fitrah sebagai media dakwah di Surabaya. Dalam menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Metode pendekatan kualitatif, dan menggunakan tipe deskripsi kualitatif, di mana peneliti mendeskripsikan wawancara-wawancara mendalam terhadap obyek penelitian. Kesimpulan dari penelitian adalah 1). Bahwa materi siaran di radio Suara Fitrah mencakup banyak hal, yaitu masalah aqidah, syariah, akhlak dan muamalah, di radio ini materi dakwah terutama difokuskan pada masalah akidah kenapa, karena mencontoh Rasullulah pada awal-awal penyiaran agama Islam dari tauhid, maupun materi-materi keagamaan lainnya, yang salah satunya merujuk pada kitab Riyadhus Shalihin, Bulughul, Umdatul Ahkam yang menjelaskan tentang hadits-hadits shahih Bukhori muslim, dan merujuk pada sumber-sumber hukum agama Islam yakni Al-Qur'an dan Hadist. 2.) Bahwa radio dakwah Suara Fitrah di Surabaya mengambil peranan dalam bidang pendidikan, informasi dan hiburan dalam ruang lingkup dakwah, peran pendidikan keislaman dalam bentuk ceramah-ceramah dari beberapa ustad-ustad salaf di dalamnya berisi tentang nasihat-nasihat kepada masyarakat, selanjutnya pembelajaran bahasa arab dengan ustad M. Nur Yasin yang memberikan bagaimana belajar dan pemahami makna bahasa arab, Peranan informasi Radio dakwah Suara Fitrah mengambil peran informasi, yaitu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kajian-kajian dakwah Islam di masjid-masjid, dan mengenai produk-produk dakwah seperti MP3 dan buku, seperti mulia dengan manhaj salaf, dan lain sebagainya, serta informasi bedah buku live dari penerbit pustaka Elba, pustaka Yassir. Dan informasi lainya tentang info, Kesehatan organ tubuh, Kisah-kisah motivasi, Tanaman obat berkhasiat. Peranan hiburan radio dakwah suara fitrah mengambil peran memberikan hiburan altematif yang Islami, dalam artian ketika siaran radio mengudara dengan kalimat yang diucapan oleh penyiar radio yang humoris dan sifat yang ramah ketika menyapa kepada pendengar atau penceramah yang memberikan contoh di dalam ceramahnya yang lucu membuat pendengar tertawa maka masyarakat akan terhibur, masyarakat di sini merasa hiburan tidak harus ada musik dangdut, pop tetapi dakwah juga hiburan yang bersifat agamis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Ani TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Komunikasi Islam
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Media; dakwah; radio
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2018 04:30
Last Modified: 22 Nov 2018 04:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28767

Actions (login required)

View Item View Item