Minoritas Islam di Filipina: kajian sejarah konflik antara Pemerintah Filipina dan Masyarakat Moro tahun 1960-1996

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdianah, Nurdianah (2012) Minoritas Islam di Filipina: kajian sejarah konflik antara Pemerintah Filipina dan Masyarakat Moro tahun 1960-1996. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurdianah_A02208034.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konflik di Filipina Selatan merupakan konflik yang sudah lama terjadi. Konflik tersebut berawal dari datangnya kolonial ke Filipina. Kemudian pada tahun 1960-1996 konflik terjadi antara Pemerintah Filipina dengan Muslim Moro. Maka dari, dalam skripsi ini penulis mencoba menjawab persoalan-persoalan tentang konflik di Filipina Selatan. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana terjadinya konflik antara Pemerintah Filipina dengan masyarakat Muslim Moro di Filipina Selatan. 2. Bagaimana munculnya kelompok­ kelompok perlawanan masyarakat Muslim Moro terhadap Pemerintah Filipina. 3. Bagaimana proses penyelesaian konflik antara Pemerintah Filipina dengan masyarakat Muslim Moro di Filipina Selatan. Dalam skripsi ini penulis menggunakan Pendekatan diakronis dan sinkronis serta metode sejarah, yang digunakan untuk mengungkapkan sejarah konflik yang telah terjadi di Filipina Selatan. Adapaun teori yang digunakan yaitu teori Postkolonial, teori Pascakolonial dan teori Nationalism and ethnic conflict. Salah satu sumber yang digunakan penulis, yaitu Dinamika Islam Filipina karya Cesar A. Majul, Filipina Tanah Air Patriot Pujangga Jose Rizal karya Syahbuddin Mangandaralam, dan The Secret of Jihad Moro: Fakta-Fakta Per/awanan Kaum Tertindas Muslim Moro karya Abu Ibrahim Muhammad Daud. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, 1. Konflik muncul berasal dari datangnya kolonial Spanyol dan Amerika, setelah itu terjadi konflik antara Pemerintah Filipina dengan Muslim Moro,2. Terdapat tekanan-tekanan yang dialami Muslim Moro, yang berakibat berdirinya gerakan-gerakan separatis,3. Penyelesaian konflik dengan diadakannya perundingan-perundingan dan menghasilkan resolusi damai antara Pemerintah dengan Muslim Moro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdianah, NurdianahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Filipina; Muslim Moro; Konflik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:48
Last Modified: 22 Nov 2018 02:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28763

Actions (login required)

View Item View Item