Sistem pemodelan Simulasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Lima Tahunan menggunakan metode Next-Event Time Advance

Kusmiasari, Ilmialfianti (2018) Sistem pemodelan Simulasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Lima Tahunan menggunakan metode Next-Event Time Advance. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ilmialfianti Kusmiasari_H96214019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah antrian adalah salah satu hal yang sering kali menjadi permasalahan umum dalam masyarakat. Seperti halnya pada layanan pajak kendaraan 5 tahun di Samsat Surabaya Selatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu pemodelan dan simulasi antrian yang bertujuan untuk menghasilkan solusi yang optimal. Sehingga dapat membantu mengambil keputusan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Metode next-event time advance dipilih sebagai metode untuk melakukan pemodelan dan simulasi dalam penelitian tersebut. Dengan variabel laju kedatangan berdistribusi poisson dan laju pelayanan berdistribusi exponensial. Dalam layanan pajak kendaraan 5 tahun memiliki 5 layanan, yaitu layanan formulir, layanan cek fisik, layanan pengesahan ulang, layanan pembayaran dan layanan pengambilan plat nomor baru, akan tetapi penelitian ini hanya mengambil sampel data sampai pada layanan pembayaran. Berdasarkan hasil simulasi yang telah dilakukan, pada sistem yang diterapkan saat ini jumlah intensitas kesibukan sistem (ρ) rata-rata 3 loket mencapai 98% dan loket pembayaran 49%. Hal ini menyebabkan loket (server) mengalami overload dalam pelayanan pajak 5 tahunan. Sehingga penelitian ini merekomendasikan formasi pelayanan 2 3 2 3 ( 2 loket formulir, 3 loket pelayanan cek fisik, 2 Loket pengesahan ulang, dan 3 loket pembayaran pajak) dengan tingkat kesibukan (ρ) = 50% layanan formulir, 33% layanan cek fisik, 49% layanan pengesahan ulang, dan 33% layanan pembayaran pajak 5 tahun. Dalam hal ini samsat dapat mengurangi intensitas kesibukan sistem sekitar 50% dan 68%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rolliawati, Dwi
Uncontrolled Keywords: Pemodelan dan Simulasi; Antrian; Next-Event Time Advance; Distribusi Poisson; Distribusi Eksponensial
Subjects: Komputer
Tehnik Informatika
Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Kusmiasari Ilmialfianti
Date Deposited: 21 Nov 2018 06:34
Last Modified: 21 Nov 2018 06:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28729

Actions (login required)

View Item View Item