Studi tentang eksistensi Komunitas Gusdurian di Kelenteng Teng Swie Bio Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Ari Kurniawan (2018) Studi tentang eksistensi Komunitas Gusdurian di Kelenteng Teng Swie Bio Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ari Kurniawan_E72214015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, yaitu: Pertama, bagaimana eksistensi komunitas Gusdurian di Kelenteng Teng Swie Bio Krian. Kedua, bagaimana wujud gerakan sosial komunitas Gusdurian dalam merajut kerukunan antarumat beragama di Kecamatan Krian. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian ini menggambarkan sebuah fenomena bentuk kegiatan sosial berupa gerakan sosial oleh komunitas Gusdurian berdasarkan wawancara maupun observasi di Kelenteng T.I.T.D. Teng Swie Bio Krian. Metode ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk melihat, mengamati serta menyelidiki fakta-fakta empiris yang terjadi melalui beberapa arsip serta terlibat langsung dalam kegiatan tersebut, setelah penyusun melakukan wawancara dengan pemuka agama di Kelenteng Teng Swie Bio maupun tokoh Gusdurian yang terlibat langsung dalam gerakan sosial tersebut. Kemudian data sekunder meliputi data-data pendukung yang berkaitan dengan pokok masalah yang diambil dari buku, ensiklopedia, majalah, jurnal, maupun berita di beberapa media sosial. Hasil penelitian menemukan bahwa komunitas Gusdurian di Kelenteng T.I.T.D. Teng Swie Bio Krian adalah salah satu dari jaringan civil society yang membentuk sebuah aksi sosial untuk serta meneruskan gagasan dari pemikiran Gus Dur dalam membina kerukunan antarumat beragama. Dengan demikian strategi yang dilakukan adalah membentuk sebuah pola gerakan sosial yang mengarah kepada perubahan masyarakat menuju tatanan sosial yang rukun dan mencapai titik stabilitas sosial di wilayah Kecamatan Krian. Adanya komunitas Gusdurian ini adalah sebagai implementasi bentuk upaya gerakan sosial yang mengarah pada wujud membina kebhinnekaan di dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Ari Kurniawanari.kurniawancoy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kerukunan Beragama
Masyarakat
Pluralisme
Uncontrolled Keywords: Gusdurian; Gerakan Sosial; Teng Swie Bio
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Kurniawan Ari
Date Deposited: 19 Nov 2018 07:17
Last Modified: 19 Nov 2018 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28706

Actions (login required)

View Item View Item