Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) berbasis Ethnomatematika dalam seni Arabesque pada materi Geometri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Alimatul (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) berbasis Ethnomatematika dalam seni Arabesque pada materi Geometri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alimatul Maulidiyah_D94214092.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan RME (Realistic Mathemathics Education) berbasis ethnomatematika dalam seni Arabesque yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji coba penelitian ini dilakukan pada 29 siswa SMAS Al-Multazam Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik angket dan teknik observasi. Data penelitian dianalisis dan memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan berdasarkan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yakni analisis (menganalisis kurikulum yang digunakan), perancangan (membuat dan mendesain perangkat pembelajaran), pengembangan (menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan model yang digunakan yang kemudian divalidasi oleh validator), implementasi (mengimplementasikan ke peserta didik), dan evaluasi (melakukan evaluasi pembelajaran serta evaluasi hasil belajar) yang di uji cobakan di kelas XI-IPA 1 SMAS Al-Multazam Mojokerto. 2) RPP dinyatakan valid dengan rata-rata total validitas sebesar 3,65 sedangkan LKS dinyatakan valid dengan rata-rata total validitas sebesar 3,59; 3) Perangkat Pembelajaran telah dinilai ‘praktis’ dengan catatan dapat digunakan dengan sedikit revisi; 4) Perangkat Pembelajaran telah dinilai ‘efektif’, hal ini berdasarkan keterlaksanaan sintaks yang berjalan dengan efektif, respon siswa positif, aktivitas siswa selama KBM efektif, dan tes hasil belajar siswa yang memenuhi batas ketuntasan selama uji coba di lapangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Alimatulalimatulmaulidiyah66@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran; Pendekatan RME; Ethnomatematika; seni Arabesque
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulidiyah Alimatul
Date Deposited: 19 Nov 2018 07:34
Last Modified: 19 Nov 2018 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28702

Actions (login required)

View Item View Item