Profil penyebab beban kognitif siswa dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfi, Nadia (2018) Profil penyebab beban kognitif siswa dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Zulfi_D94214105.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyebab beban kognitif siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang, dan kemampuan awal rendah dalam pembelajaran matematika. Peneliti mendeskripsikan data gejala beban kognitif dalam bentuk tabel. Berikutnya, peneliti menganalisis data tersebut berdasarkan indikator penyebab beban kognitif tersebut, yaitu penyebab beban kognitif intrinsik, penyebab beban kognitif ekstrinsik dan penyebab beban kognitif konstruktif dalam pembelajaran matematika materi geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi terhadap siswa ketika dan setelah proses pembelajaran materi geometri. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Mojokerto tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pendukung yang digunakan dalam penelitian ini ada 5 instrumen, yaitu tes kemampuan awal siswa, lembar observasi, jurnal belajar siswa, pedoman wawancara, dan rekaman video pembelajaran. Lembar tes kemampuan awal digunakan untuk mendapatkan subjek yang sesuai. Lembar observasi diisi oleh 6 observer dan disusun berdasarkan indikator-indikator beban kognitif, dan juga kesulitan ataupun usaha siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal belajar siswa diisi oleh siswa dan disusun berdasarkan kesulitan ataupun usaha yang dirasa siswa dalam pembelajaran. Pedoman wawancara digunakan oleh peneliti untuk melakukan wawancara semi terstruktur berdasarkan kesulitan dan usaha siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) penyebab beban kognitif siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi adalah siswa mengalami beban kognitif konstruktif; (2) penyebab beban kognitif siswa yang memiliki kemampuan awal sedang adalah siswa mengalami beban kognitif intrinsik dan konstruktif; (3) penyebab beban kognitif siswa yang memiliki kemampuan awal adalah siswa mengalami beban kognitif intrinsik, ekstrinsik dan konstruktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfi, Nadianadiazulfi1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Beban kognitif siswa; pembelajaran matematika; kemampuan awal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zulfi Nadia
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:20
Last Modified: 19 Nov 2018 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28698

Actions (login required)

View Item View Item