Altruisme pada relawan Palang Merah Indonesia (PMI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Tazkiyatus (2018) Altruisme pada relawan Palang Merah Indonesia (PMI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tazkiyatus Sakinah_J71214048.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik altruisme yang dimiliki relawan Palang Merah Indonesia. Altruisme dapat didefinisikan sebagai salah satu tindakan prososial dengan alasan meningkatkan kesejahteraan orang lain tanpa ada kesadaran akan imbalan atau timbal balik (Myers, 1996). Penelitian ini melibatkan tiga subjek, dua laki-laki dan satu perempuan anggota korp sukarela di Palang Merah Indonesia yang sudah bergabung selama 3 tahun sampai 4 tahunan. Subjek pertama berusia 24 tahun, yang sudah bergabung sejak tahun 2014 awal, Subjek kedua berusia 22 tahun dan bergabung sejak tahun 2015 awal, dan subjek ketiga adalah perempuan dengan usia 22 tahun dan sejak tahun 2015 bergabung jadi relawan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik penggalian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan pedoman umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik altruisme pada relawan PMI dimunculkan dalam berbagai bentuk perilaku altruisme yang berbeda-beda selama menjalankan proses penugasan baik dilingkungan relawan. Perilaku-perilaku yang dimunculkan oleh pengasuh selama menjalankan proses pengasuhan mencerminkan kelima karakteristik perilaku altruistik yang terdiri dari empati, meyakini keadilan dunia, tanggung jawab sosial, kontrol diri internal, ego yang rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, Tazkiyatustazkiyatusss@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Palang Merah
Psikologi Sosial
Keywords: Alrtuisme relawan; PMI
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Sakinah Tazkiyatus
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:09
Last Modified: 19 Nov 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28695

Actions (login required)

View Item View Item