Profil antisipasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada media triomino ditinjau dari Adversity Quotient (AQ)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Azza Agustina (2018) Profil antisipasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada media triomino ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Azza Agustina Rahma_D94214073.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep matematika dan kejenuhan siswa ketika dihadapkan pada soal latihan teks yang sering membuat siswa mengeluh dalam menyelesaikan soal matematika terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil antisipasi siswa quitter, camper dan climber dalam menyelesaikan soal matematika pada media Triomino. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Siswa diberikan angket ARP dan diminta untuk mengisi angket tersebut sesuai petunjuk yang diberikan. ARP (Adversity Response Profile) untuk mengklasifikasikan siswa ke dalam kategori climber, camper dan quitter. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A4 MA Darul Ulum Kureksari Waru Sidoarjo sebanyak 6 siswa yaitu 2 siswa climber, 2 siswa camper, 2 siswa quitter. Kemudian siswa diberikan 10 soal matematika pada media Triomino. Pada saat mengerjakan soal dilakukan think aloud dan wawancara dengan subjek penelitian, wawancara dilakukan untuk mengetahui profil antisipasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada media Triomino. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa siswa climber memiliki antisipasi analitik yang berarti siswa mampu memprediksi, merencanakan langkah penyelesaian soal dengan runtut dan menganalisis penyelesaian soal dengan runtut. Kemudian siswa camper mampu merencanakan langkah penyelesaian soal dengan jelas meskipun belum runtut, mampu menganalisis penyelesaian soal dengan runtut sehingga siswa camper memiliki antisipasi analitik. Sedangkan siswa quitter memiliki antisipasi impulsif yang berarti bahwa siswa mampu merencanakan langkah penyelesaian soal meskipun belum spesifik pada materi terkait, menganalisis penyelesaian soal belum bisa mandiri, dan dalam hal memprediksi pun membutuhkan bimbingan orang terdekat.
Kata Kunci: Profil Antisipasi dalam menyelesaikan soal matematika, Media Triomino, Adversity Quotient (AQ)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Azza Agustinaazza.agustina@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Antisipasi siswa; penyelesaikan soal Matematika; media triomino; Adversity Quotient (AQ)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahma Azza Agustina
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:52
Last Modified: 19 Nov 2018 02:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28688

Actions (login required)

View Item View Item