Studi tentang eksistensi Ahmadiyah di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulqarnain, Muhammad Fajar (2018) Studi tentang eksistensi Ahmadiyah di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fajar Zulqarnain_E02214010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi Jemaat Ahmadiyah yang berlokasi di Surabaya, dan interaksinya dengan masyarakat yang tinggal di lingkungan Jemaat Ahmadiyah tepatnya di Surabaya. Ahmadiyah adalah salah satu dari beberapa organisasi yang ada dalam Islam. Organisasi ini didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad di Qadian India, yang secara singkat ajarannya sedikit berbeda dengan ajaran Islam pada umumnya, salah satu ajaran yang paling menonjol adalah paham atau pengertian mengenai nabi. Keberadaan JAI (Jemaat Ahmadiyah Indonesia) menimbulkan beberapa kontroversi dalam masyarakat muslim beberapa tahun silam. Berangkat dari permasalahan tersebut maka peneiliti ingin mengetahui bagaimana respon masyarakat sekitar mengenai Ahmadiyah, dan juga ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang Ahmadiyah dan ajaran-ajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Indepth Interview (wawancara mendalam). Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan data dari informan yang telah dikriteriakan sebelumnya. Kriteria tersebut adalah para pengurus dan anggota Jemaat Ahmadiyah di Surabaya yang terletak di Jl. Bubutan gang 1 serta masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang dilakukan seacara partisipan, wawancara, dan dokumentasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulqarnain, Muhammad Fajarzulqarnainfajar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama

Sosiologi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Studi Eksistensi; Ahmadiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Zulqarnain Muhammad Fajar
Date Deposited: 19 Nov 2018 04:48
Last Modified: 19 Nov 2018 04:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28684

Actions (login required)

View Item View Item