Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Bridging Analogy untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiya, Siti Kurrotul (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Bridging Analogy untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Kurrotul Ainiya_D04212048.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mengingat pentingnya upaya dalam mengatasi miskonsepsi siswa, diperlukan suatu pembelajaran yang mampu mengatasi miskonsepsi siswa, salah satunya melalui pembelajaran bridging analogy. Pembelajaran bridging analogy merupakan pendekatan pembelajaran analogi yang menggunakan perantara (penghubung) untuk menghubungkan konsep target dan konsep analog. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran bridging analogy yang dikembangkan. Materi yang dipilih pada penelitian ini adalah konsep geometri bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototype, dan fase penilaian. Perangkat yang dikembangkan pada penelitian ini adalah RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 36 siswa kelas VIII-E SMPN 2 Sidaorjo. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, metode angket, dan metode tes. Instruemen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan perangkat pembelajaran, analisis kepraktisan perangkat pembelajaran, dan analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Dengan menganalisis data, diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan dinilai praktis oleh validator. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga dinyatakan efektif berdasarkan indikator keefektifan perangkat pembelajaran, yaitu aktivitas siswa efektif, keterlaksanaan pembelajaran efektif, respon siswa positif, dan miskonsepsi siswa teratasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiya, Siti Kurrotulqainia94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Bridging analogy; miskonsepsi; bangun ruang sisi datar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ainiya Siti Kurrotul
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:02
Last Modified: 19 Nov 2018 02:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28674

Actions (login required)

View Item View Item