Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe bamboo dancing berbasis keunggulan lokal Banyuwangi untuk melatihkan life skill siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Naila Qurrotin (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe bamboo dancing berbasis keunggulan lokal Banyuwangi untuk melatihkan life skill siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Naila Qurrotin A'yun_D94214106.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe bamboo dancing berbasis keunggulan lokal Banyuwangi bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan life skill siswa setela mengikuti proses pembelajaran dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP dan LKS dan mengacu pada model pengembangan Plom. RPP dan LKS diujicobakan di MTs Darul Manja Glenmore kelas VIII-C semester ganjil tahun 2018-2019 pada tanggal 15 Oktober 2018 untuk mengetahu Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan masuk kategori valid dengan rata-rata total kevalidan 3,33 dan LKS yang dikembangkan masuk kategori valid dengan rata-rata 3,29. Masing-masing perangkat pembelajaran dinilai A dengan tanpa revisi oleh dua validator dan dinilai B oleh dua validator yang lain sehingga perangkat tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dinyatakan aktif dengan persentase 84,2%, kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan memperoleh rata-rata skor 3,80, respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 82,24% sehingga penerapan pembelajaran tersebut dalam kategori efektif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa setelah pembelajaran diketahui 16% siswa memiliki kemampuan life skill rendah, 28% siswa memiliki kemampuan life skill sedang, dan 56% siswa memiliki kemampuan life skil tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Naila Qurrotinnaila.qurro21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Tipe bamboo dancing; pembelajaran; Matematika; life skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: A'yun Naila Qurrotin
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:28
Last Modified: 19 Nov 2018 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28671

Actions (login required)

View Item View Item