Wanita dalam Alquran perspektif Nasr Hamid Abu Zayd

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisaa, Zuhrotun (2018) Wanita dalam Alquran perspektif Nasr Hamid Abu Zayd. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zuhrotun Nisaa_E73214069.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telaah terhadap sebuah penafsiran dengan menarik tema sentral untuk dijadikan pembahasan dalam penelitian merupakan langkah efesien untuk mengetahui dan memahami bagaimana wacana gender yang dikembangkan Nasr Hamid Abu Zayd jika di kontekskan dengan masa sekarang. Sejauh pandangan penulis, ada sisi menarik ketika membahas tentang perempuan kontemporer secara global yang bersifat sektarian-resialistik, dalam pengertian bahwa hal tersebut memperbincangkan keabsolutan perempuan dan menempatkannya dalam hubungan komperatif dengan keabsolutan laki-laki. Dan bentuk ketimpangan sosial yang terjadi selama ini, yakni pandangan yang salah dalam melihat dan memposisikan relasi laki-laki dan perempuan. Analisis ini yang kemudian berkambang menjadi sebuah analisis sosial. Berawal dari problematika ini, penulis mempunyai kegelisahan dalam membaca pemikiran Nasr Hamid Abu Zayd khususnya dalam melakukan analisis atas teks-teks yang berkaitan dengan perempuan dan hak-haknya dengan analisis historis kritis. Wacana gender yang dikembangkan Nasr Hamid Abu Zayd merupakan pembacaan teks secara kompherensif dengan menggunakan paradigma ilmu-ilmu modern, yaitu ilmu sosial, humaniora, dan hermeneutik. Melalui pendekatan ini, pembacaan teks tidak hanya berhenti pada yang tersurat dalam teks makna asal, tetapi sampai pada substansi makna yang tersirat, sehingga teks-teks keagamaan mampu berdialog dengan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan. Setelah dilakukan penelitian, dalam pandangan Nasr Hamid Abu Zayd perlu adanya pembacaan ulang terhadap wacana dan teks-teks keagamaan, hal ini dilakukan karna umat Islam terbingkai dalam peradaban teks, sehingga teks-teks itulah yang membentuk pola pikir dan perilaku umat Islam. Oleh akeran itu, salah satu upaya mengubah pandangan umat Islam, termasuk dalam memandang perempuan, adalah dengan melakukan penafsiran ulang terhadap teks-teks keagamaan tersebut. Sebab menurut Nasr Hamid analisis gender menggunakan analisis teks-teks keagamaan tersebut dikontruksi dalam dan sesuai dengan karakter dan situasi sosial pada saat teks-teks keagamaan itu di produksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisaa, Zuhrotunzumrotun.nisa76@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemikiran
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Wanita
Uncontrolled Keywords: Wanita; tafsir al-Qur'an; Nasr Hamid Abu Zayd
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nisaa Zuhrotun
Date Deposited: 19 Nov 2018 08:20
Last Modified: 19 Nov 2018 08:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item