Dr. HC. R. Wali Al Fattaah dan peranannya dalam Jama’ah Muslimin (Hizbullah): sebuah kajian historis tentang Gerakan Dakwah Islamiyah di Jakarta Tahun 1953-1976

Salman, Abu (1989) Dr. HC. R. Wali Al Fattaah dan peranannya dalam Jama’ah Muslimin (Hizbullah): sebuah kajian historis tentang Gerakan Dakwah Islamiyah di Jakarta Tahun 1953-1976. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abu Salman_665.pdf

Download (43MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28663

Abstract

Dr. HC. R. Wali Al Fattaah punya andil besar dalam mengukir sejarah bangsanya (Indonesia), baik di zaman pra Kemerdekaan RI, maupun sesudahnya sampai masa awal pemerintahan Orde Baru yang tengah membangun pondasi kenegaraannya guna menghadapi tantangan di masa y ang akan datang. Masalah yang diangkat dalam pembahasan ini adalah latar belakang apa yang mendorong Wali Al-Fattah untuk memisahkan diri, keluar dari beberapa organisasi yang pernah dimasukinya. Dan bagaimana kegiatan beliau setelah meninggalkan organisasi organisasi tersebut. Sebab-sebab ditegakkannya Jama'ah Muslimin (Hizbulloh) serta sejauh mana peran serta beliau (wali A1-Fatah) dalam kelompok tersebut. Di samping itu, apa pula dasar-dasar pengamalannya dan strategi dakwahnya di tengah-tengah ummat. Dinamika Jama'Muslimin (Hizbulloh) periode pertama (masa hidup Wali A1-Fattah) baik dalam berinterak si dengan eksternal Jamaah Muslimin (Hizbulloh) sendiri dan perkembangan internalnya, maupun dalam partisipasinya dengan pemerintah Orde Baru yang tengah membangun kehidupan masyarakatnya dengan polan Pembangunan manusia seutuhnya. Penulisan Skripsi ini menggunakan methode sejarah, yang meliputi: Heuristik, kritik, interpretasi, Historiografi yang pola secara i nformatif diskriptif dengan hasil akhir pembahasan menyimpulkan diantaranya bahwa Wali Al-Fattaah sejak diangkat (dibai'at) scbagai pimpinan (Imaam) Jamaah Muslimin (Hizbullah) telah meninggalkan segenap kegiatannya di berbagai organisasi yang pernah dimasukinya. Karena cara-cara yang semacam itu sepanjang pengamatannya berdasar penghayatan terhadap wahyu-wahyu Alloh Subhanahu Wata’ala dan Sunnah Rasululloh. Sholallohu 'alaihi Wasallam adalah bukan berasal dari Islam melainkan dari Barat (Yunani Purba akarnya). Kemudian dari sejak saat itu beliau lebih menghidmatkan perhatianya kepada Jama’ah Muslmin (Hizbull ah) hingga akhir hayatnya. Ditetapinya (ditegakannya) kembali Jamaah Muslimin (Hizbullah) dengan Wali Al-Fattaah sebagai Imaam yang pertama adalah semata-mata dilatarbelakangi oleh sikap mengimani perintah Alloh Subhanahu Wata’ala dannmengikuti jejak kehidupan Rasulullah Shalallohu 'alaihi wasallam serta empat Khalif ah yang pertama (Khulaf au r Rasyidin Al-Mahdiyin).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Umar, Abdul Ghaffar
Uncontrolled Keywords: R. Wali Al Fattaah; Jama’ah Muslimin; Hizbullah; Gerakan Dakwah Islamiyah
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2018 09:47
Last Modified: 16 Nov 2018 09:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28663

Actions (login required)

View Item View Item