Profil penalaran adaptif dan disposisi produktif siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika ditinjau dari kecerdasan emosional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budiarti, Nur Isnaini (2018) Profil penalaran adaptif dan disposisi produktif siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika ditinjau dari kecerdasan emosional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Isnaini Budiarti_D74214064.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penalaran adaptif merupakan kemampuan siswa untuk berpikir secara logis, berpikir reflektif atau memperkirakan jawaban, eksplanatif atau memberikan penjelasan mengenai konsep dari jawaban yang digunakan, menjustifikasi atau menilai kebenaran secara matematis dan kemampuan untuk menarik kesimpulan. Sedangkan disposisi produktif merupakan sikap positif yang dimiliki oleh siswa untuk mempunyai kebiasaan yang produktif, untuk melihat matematika sebagai hal yang masuk akal, berguna, bermakna dan berharga, dan memiliki kepercayaan diri dan ketekunan dalam belajar atau bekerja dengan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penalaran adaptif dan disposisi produktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang ditinjau dari kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil 6 siswa dari 79 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tulangan yang terdiri dari 2 siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan 2 siswa dengan kecerdasan emosional rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes tertulis, observasi dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator penalaran adaptif dan disposisi produktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mampu memenuhi semua indikator penalaran adaptif dan semua indikator disposisi produktif, siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang mampu memenuhi 4 indikator penalaran adaptif dan 3 indikator disposisi produktif yang sama, sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah hanya mampu memenuhi 1 indikator penalaran adaptif dan 1 indikator disposisi produktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budiarti, Nur Isnaininurisnainibudiarti@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Keywords: Penalaran Adaptif; Disposisi Produktif; Masalah Matematika; Kecerdasan Emosional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Budiarti Nur Isnaini
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:30
Last Modified: 19 Nov 2018 02:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28661

Actions (login required)

View Item View Item