Persepsi siswa dan implikasinya terhadap kemampuan menyelesaikan soal Statistik di TIMSS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosanti, Dessy Narulita (2018) Persepsi siswa dan implikasinya terhadap kemampuan menyelesaikan soal Statistik di TIMSS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dessy Narulita_D94214074.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan proses kognitif seseorang/individu dalam menerima dan menginterpretasikan objek persepsi (informasi-informasi) yang diterima. Faktor persepsi siswa yang satu dengan yang lain tentunya berbeda terhadap objek persepsi yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui persepsi siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS (Trends International Mathematics and Science Study), 2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor persepsi siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buduran, sedangkan sampel diambil sebanyak 93 siswayakni mengambil 3 kelas dari keseluruhan kelas yang ada di sekolah tersebut secara acak, data diperoleh melalui tes tulis, wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor eksploratori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi siswa dalam menyelesaikan soal statistik di TIMSS buruk, hal ini dapat dilihat dari kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal statistik di TIMSS dan juga nilai yang rendah. Persepsi siswa awalnya adalah 3 faktor menjadi 6 faktor yaitu faktor menilai, menerima, memahami, keterkaitan, penyampaian materi, dan keinginan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosanti, Dessy Narulitadessynarulitaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; statistik; TIMSS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rosanti Dessy Narulita
Date Deposited: 19 Nov 2018 07:48
Last Modified: 19 Nov 2018 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28659

Actions (login required)

View Item View Item