Konsep etika sufistik dalam perspektif Emha Ainun Nadjib

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novendra, M. Vadly (2018) Konsep etika sufistik dalam perspektif Emha Ainun Nadjib. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Vadly Novendra_E71212055.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Objek dari penelitian ini mengkaji tentang etika sufistik Emha Ainun Nadjib. Penelitian ini menggunakan library research, yaitu penelitian yang mencari sebuah data lewat kajian pustaka yang berupa buku-buku yang relevan untuk dijadikan acuan dalam pembuatan skripsi. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini berbasis sufistik dan antropologis. Dalam penelitian ini, menghasilkan sebuah rumusan, sebagai berikut: etika sufistik merupakan suatu perilaku seorang manusia yang mengarah kepada nilai-nilai teologis. Dalam meraih etika sufistik, Emha Ainun Nadjib memberikan dua pendekatan, yakni; pendekatan antropologis dan pendekatan humanistik. Konsep tersebut merupakan rangkaian wujud cinta antara manusia dengan Tuhannya. Etika sufistik yang disebutkan oleh Emha Ainun Nadjib adalah perilaku sufistik yang bernilai antropologis. Permasalahannya adalah mengapa perilaku sufistik pada zaman sekarang sulit diterapkan oleh umat manusia terutama pada generasi masa kini. Permasalahan ini menjelaskan bagaimana konsep etika sufistik Emha Ainun Nadjib bisa direalisasikan pada kalangan kaum sufistik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novendra, M. Vadlyvano24filsafat@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemikiran
Etika
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Etika; sufistik; pemikiran Emha Ainun Nadjib
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Novendra M. Vadly
Date Deposited: 21 Nov 2018 01:31
Last Modified: 21 Nov 2018 01:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28654

Actions (login required)

View Item View Item