Kritik atas pemikiran Muhammad Ahmad khalafullah terhadap ayat-ayat tentang kisah mitos dalam al-Qur'an: kajian terhadap kitab al-Fann al-Qasasi fi al-Qur'an al-Karim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashiddieqy, Mahdy (2018) Kritik atas pemikiran Muhammad Ahmad khalafullah terhadap ayat-ayat tentang kisah mitos dalam al-Qur'an: kajian terhadap kitab al-Fann al-Qasasi fi al-Qur'an al-Karim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mahdy Ashiddieqy_F12516292.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bagi umat Islam, otentisitas Alquran sebagai kitab suci tentu saja tidak menyisakan ruang untuk diperdebatkan. Karena sebagai “teks Samawi”, Alquran mustahil diselipi kesalahan yang akan menjatuhkan dan mencederai statusnya. Tetapi, bagaimana jika kisah dalam Alquran dikaitkan dengan mitos? Karena skala kebohongan mitos lebih besar dibandingkan kebenarannya. Apalagi, jika kisah mitos tadi kemudian disematkan ke dalam Alquran, tentu yang akan menjadi tanda tanya besar adalah apakah kisah mitos tersebut tidak akan mengurangi keotentikan Alquran? Sehingga, perlu adanya penggalian lebih mendalam terhadap pemikiran yang menganggap adanya kisah mitos dalam Alquran. Untuk melakukan pembacaan pada pemikiran kisah mitos tersebut, penulis mengacu pada karya Khalafullah, al-Fann al-Qasasi Fi al-Qur’an al-Karim, dengan rumusan masalah yang akan dipecahkan bagaimana pandangan Muhammad Ahmad Khalafullah tentang adanya kisah mitos dalam Alquran? Bagaimana interpretasi Muhammad Ahmad Khalafullah terhadap kisah mitos dalam Alquran? Bagaimana kritik atas pemikiran Muhammad Ahmad Khalafullah terhadap ayat-ayat tentang kisah mitos dalam Alquran. Untuk menelitinya, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan untuk menganalisa data yang telah terkumpul dan terklasifikasikan, penulis akan menggunakan metode deskriptif-analisis. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang cukup berarti bagi khazanah keilmuan Islam, terutama di bidang kajian tafsir Alquran. Setelah penulis melakukan deskripsi dan analisis terhadap pemikiran Khalafullah tentang kisah mitos dalam Alquran, maka penulis mendapatkan kesimpulan bahwa kisah mitos merupakan bagian dari kisah sastra yang terdapat dalam Alquran. Jasad kisah bukan maksud yang dituju oleh Alquran. Akan tetapi, maksud sebenarnya adalah berbagai bimbingan dan petunjuk keagamaan serta moral. Bagi Khalafullah, Alquran tidak pernah mengingkari akan keberadaan unsur-unsur mitos di dalamnya. Yang diingkari Alquran adalah bila keberadaan unsur mitos tadi dijadikan bukti akan kebenaran Alquran sebagai karya Muhammad saw. dan tidak diturunkan dari langit. Kritik atas pemikiran Khalafullah adalah bahwa asatir bukan berasal dari Nabi Muhammad terletak pada QS. al-Furqan/25:4 bukan ayat 5-6. Adapun untuk redaksi pada ayat 5-6 menunjukkan bahwa Alquran memang menafikan keberadaan asatir dalam kandungan Alquran secara keseluruhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashiddieqy, Mahdyashiddieqy_mahdy@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pemikiran
Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Muhammad Ahmad; ayat-ayat al-Qur'an; mitos
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ashiddieqy Mahdy
Date Deposited: 16 Nov 2018 09:07
Last Modified: 16 Nov 2018 09:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28653

Actions (login required)

View Item View Item