Pengembangan instrumen authentic assessment berupa penilaian proyek untuk mengukur kompetensi keterampilan siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardah, Faiqotul (2018) Pengembangan instrumen authentic assessment berupa penilaian proyek untuk mengukur kompetensi keterampilan siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faiqotul Wardah_D04214005.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terdapat empat standar pendidikan yang menjadi cirri kurikulum 2013, yaitu Standar Kompetensi Kelulusan, standar proses, standar isi dan standar penilaian. Bentuk penilaian yang di implementasikan dalam kurikulum 2013, yaitu authentic assessment. Salah satu teknik authentic assessment yang mampu mengukur kompetensi keterampilan siswa yaitu penilaian proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen authentic assessment berupa penilaian proyek untuk mengukur kompetensi keterampilan siswa yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase evaluasi dan revisi, dan (5) fase pengembangan. Uji coba instrumen dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 17 Surabaya yang terbagi dalam 5 kelompok secara heterogen dan lima guru sebagai penilai/ rater. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa laporan tugas proyek siswa dan hasil penilaian proyek siswa oleh 5 penilai/ rater. Analisis validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas konstruk jenis Exploratory Factor analysis metode principal component dan analisis reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan metode reliabilitas inter-rater menggunakan ICC (Intraclass Correlation Coefficient). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat temuan pada saat analisis faktor untuk menghitung validitas konstruk instrumen penilaian. Instrumen penilaian yang awalnya terdiri dari 10 kriteria penilaian. Melalui tahapan analisis faktor, terdapat 9 kriteria yang dikatakan valid dikarenakan nilai korelasi berada di atas angka KMO-MSA dan 1 kriteria yang tidak valid dikarenakan nilai korelasi berada di bawah angka KMO-MSA. (2) berdasarkan hasil analisis uji reliabilitas dengan menggunakan analisis koefisien ICC (intraclass correlation coefficient) menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki reliabilitas dengan rata-rata kesepakatan antar rater yang sangat baik, yaitu 0,945. Sedangkan nilai reliabilitas untuk 1 orang rater memiliki konsistensi sebesar 0,773.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardah, Faiqotulfaiqotulwardah07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian; validitas konstruk; reliabilitas inter-rater; ICC
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wardah Faiqotul
Date Deposited: 19 Nov 2018 01:51
Last Modified: 19 Nov 2018 01:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28650

Actions (login required)

View Item View Item