Terapi Muhasabah untuk meningkatkan kesadaran belajar remaja: studi kasus pada salah satu remaja di Kelurahan Watulea Buton Tengah Sulawesi Tenggara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Ika Atmala (2018) Terapi Muhasabah untuk meningkatkan kesadaran belajar remaja: studi kasus pada salah satu remaja di Kelurahan Watulea Buton Tengah Sulawesi Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ika Atmala Sari_B03214001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di salah satu desa Kelurahan Watulea Kabupaten Buton Tengah Sulawesi Tenggara.Seorang remaja kelas xi SMA.Dalam kehidupannya sehari-hari selalu membuang-buang waktu yang dimilikinya, kumpul bersama teman-temannya di pinggir jalan hingga larut malam dan tidak mempunyai motivasi dalam menuntut ilmu.Dari fenomena tersebut maka dapat diketahui bahwa remaja tersebut tidak memiliki kesadaran dalam belajar maka dapat diketahui bahwa seorang remaja tersebut tidak mempunyai kesadaran belajar.Maka terapi muhasabah perlu diterapkan, agar setiap perilaku yang dilakukan dapat diketahui ataupun dinilai baik-buruknya. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan terapi Muhasabah untuk meningkatkan kesadaran belajar remaja di Kelurahan Watulea Kabupaten Buton Tengah Sulawesi Tenggara dan Bagaimanakah hasil terapi muhasabah untuk meningkatkan kesadaran belajar remaja di Kelurahan Watulea Kabupaten Buton Tengah Sulawesi Tenggara. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif komperatif dalam menganalisis kasus kurangnya kesadaran belajar. Pada analisis deskriptif komperatif, digunakan dengan dua cara yaitu membandingkan teori dan hasil proses konseling dilapangan dan analisis hasil terapi muhasabah untuk meningkatkan kesadaran belajar remaja. Data yang digunakan yakni berupa hasil wawancara dan observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Hasil dari proses bimbingan dan konseling Islam dengan menggunakan terapi muhasabah dalam menangani kurangnya kesadaran belajar remaja di Kelurahan Watulea-Buton Tengah Sulawesi Tenggara ini adalah konseli dapat merubah kebiasaan buruknya yaitu konseli keluar malam hingga larut malam menjadi konseli mengurangi jam keluarnya, mempunyai kemauan belajar, membiasakan diri agar selalu disiplin serta berusaha menjauhi sifat teman-temannya yang membuatnya menjadi pribadi yang negative.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Ika Atmalaikaatmala.23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Psikoterapi
Remaja
Uncontrolled Keywords: Terapi Muhasabah; Kesadaran Belajar; Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sari Ika Atmala
Date Deposited: 19 Nov 2018 05:02
Last Modified: 19 Nov 2018 05:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28644

Actions (login required)

View Item View Item