Pengaruh kelompok referensi, pelayanan dan promosi terhadap keputusan memilih simpanan wadi'ah yad-dhamanah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahimah, Latifatul (2018) Pengaruh kelompok referensi, pelayanan dan promosi terhadap keputusan memilih simpanan wadi'ah yad-dhamanah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Latifatul Fahimah_G74214049.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif. Tujuannya untuk menjawab rumusan masalah tentang pengaruh kelompok referensi, pelayanan dan promosi secara simultan dan parsial terhadap keputusan memilih simpanan wadi’ah yad-dhamanah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk menjawab rumusan masalah maka menggunakan analisis linier berganda yang terdiri dari uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji F (simultan), dan uji T (parsial). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Sedangkan untuk pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian secara simultan (Uji F) 14,246 > 2,7581 dan Sig 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa kelompok referensi, pelayanan dan promosi bepengaruh secara positf dan signifikan terhadap keputusan memilih simpanan wadi’ah yad-dhamanah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik. Kemudian untuk uji parsial sebesar 4,725 (Kelompok Referensi), -1,257 (Pelayanan) dan 1,635 (Promosi), hal ini berarti secara parsial variabel kelompok referensi dan promosi berpengaruh terhadap keputusan memilih simpanan wadi’ah yad-dhamanah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik. Sedangkan variabel pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan memilih simpanan wadi’ah yad-dhamanah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka kepada KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik disarankan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat/anggota tentang sistem ekonomi Islam sehingga diharapkan lebih banyak yang nantinya dari masyarakat yang sudah menggunakan simpanan wadi’ah yad-dhamanah akan menjadi kelompok referensi bagi msyarakat yang lainnya dan bagi peneliti selanjutnya agar nantinya meneliti variabel lain diluar variabel keputusan konsumen yang telah diteliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahimah, Latifatullatifatulfahimah123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Promosi
Wadi'ah
Uncontrolled Keywords: Kelompok referensi; pelayanan; promosi; wadi’ah yad-dhamanah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fahimah Latifatul
Date Deposited: 16 Nov 2018 06:32
Last Modified: 16 Nov 2018 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28641

Actions (login required)

View Item View Item