Lirik lagu dalam buku kumpulan lagu Qur'any karya KH. M. Qoyyim Ya'qub perspektif Hermeneutika Jorge J. E Gracia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azza, Fitriana (2018) Lirik lagu dalam buku kumpulan lagu Qur'any karya KH. M. Qoyyim Ya'qub perspektif Hermeneutika Jorge J. E Gracia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriana Azza_E01214005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna dari lirik yang terkandung dalam buku Kumpulan Lagu Qur’any karya KH. M. Qoyyim Ya’qub. Penelitian ini adalah penelitian empiris yang data primernya adalah data dari lapangan dan dianalisa menggunakan Hermeneutika Jorge J. E Gracia. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara kemudian teknik analisanya menggunakan analisa fenomenologi dan analisis teks. Hasil penelitian ini, berdasarkan analisis yang dilakukan penulis terhadap buku Kumpulan Lagu Qur’any karya KH. M. Qoyyim Ya’qub dengan teori interpretasi Jorge J.E Gracia yaitu: Pertama Fungsi Historis (Historical Function) dimana pada fungsi historis ini seorang penafsir memiliki tugas membuat audiens kontemporer memahami makna yang terkandung dalam teks yang dimiliki oleh pengarang dan audiens historis. Kedua Fungsi Pengembangan Makna (Meaning Function) fungsi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman baru yang belum ada terlepas apakah pemahaman itu sama atau berbeda dengan yang dimaksud pengarang maupun audiens historis. Ketiga Fungsi Implikatif (Implicative Function) pada tahap ini penafsir mencoba menghubungkan teks yang ditafsirkan dengan keilmuan lain yang memiliki keterkaitan dengan teks yang ditafsirkan. Dari ketiga fungsi tersebut penulis mampu mengungkap makna dari lirik yang terkandung dalam buku Kumpulan Lagu Qur’any karya KH. M. qoyyim Ya’qub. Penulis menemukan beberapa ajaran yang sebenarnya juga terkandung dalam Lagu qur’any, namun tidak diungkapkan secara langsung oleh pengarang dalam penafsirannya. Penulis menemukan adanya ajaran Tauhid, yang pertama Tauhid Uluhiyah, Tauhid Rububiyah dan Tauhid Dzat dan nama-nama-Nya. Selain ajaran Tauhid penulis juga menemukan beberapa ajaran Tasawuf yang juga terkandung di dalamnya. Yaitu Khauf, Raja’, Syukur, Mahabbah, wara’ dan zuhud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azza, Fitrianafitrianaazza89@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Linguistik
Uncontrolled Keywords: Hermeneutika Jorge J. E Gracia; Lagu Qur’any KH. M. Qoyyim ya’qub
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Azza Fitriana
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:10
Last Modified: 22 Nov 2018 02:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28616

Actions (login required)

View Item View Item