Pemikiran Roland Barthes tentang Mitos: studi kasus Sumpah Pati di Desa Kedondong Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Bastomi, Muhammad Hafidz (2018) Pemikiran Roland Barthes tentang Mitos: studi kasus Sumpah Pati di Desa Kedondong Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Hafidz Al Bastomi_E01214012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dikaji untuk meneliti mitos sumpah pati di Desa Kedondong Kec. Tulangan, di mana mitos ini diyakini oleh masyarakat bahwa sumpah ini akan melekat seterusnya sampai anak cucunya, sehingga apabila terjadi perkawinan dari satu dusun tersebut dipastikan kedua mempelai akan meninggal. Menariknya adalah fokus ini nanti akan memperdalam di bagian agama dan kepercayaan yang nantinya akan diperdebatkan dengan teori-teori kefilsafatan. Dengan demikian diharapkan dari penelitian ini penulis dapat menafsirkan kejadian yang terjadi di desa Kedondong dengan teori mitos dari tokoh Roland Barthes. Dalam skripsi membahas bagaimana Sejarah dan makna mitos sumpah pati yang ada di desa Kedondong Kec. Tulangan Kab Sidoarjo dan bagaimana mitos sumpah pati di Desa Kedondong dilihat dari prespektif teori mitos Roland Barthes. Dalam studi ini penulis ingin mencari dan menelaah lebih jauh mitos tersebut dengan menggunakan perspektif Roland Barthes. metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif untuk mengungkap mitos sumpah pati yang ada di Desa Kedondong Kec. Tulangan. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan mitos sebagai kontruksi, yaitu masyarakat memahami dan meyakini akan sumpah pati. sumpah pati ialah objek pembahasan atau peristiwa yang berada di Desa Kedondong Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo, di mana peritiwa kejadian tersebut merupakan objek yang menjadikan masyarakat di desa itu mengamati peritiwa sumpah pati tersebut. Sampai disini tingkatan masyarakat sudah menjadi pemahaman atau pengetahuan yang baru sehingga masyarakat setelah mengamati kejadian-kejadian yang ada di desa Kedondong terkait akan adanya sumpah pati, mereka meyakini akan keberadaan sumpah pati itu. Kesimpulan dari uraian diatas ialah mitos sumpah pati memberikan suatu bentuk pesan atau aturan yang harus diyakini kebenaranaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Bastomi, Muhammad HafidzAlbas2105@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Kebudayaan
Metafisika
Uncontrolled Keywords: Mitos; Sumpah Pati; Roland Barthes
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Al Bastomi M.Hafidz
Date Deposited: 21 Nov 2018 06:22
Last Modified: 21 Nov 2018 06:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28613

Actions (login required)

View Item View Item