Tasawuf modern: studi komparasi pemikiran antara Hamka dan Nasaruddin Umar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashita, Ina Amalia (2018) Tasawuf modern: studi komparasi pemikiran antara Hamka dan Nasaruddin Umar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ina Amalia Mashita_E01213030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana corak pemikiran tasawuf modern Buya Hamka dan Nasarudin Umar (2) dan bagaimana komparasi pemikiran kedua tokoh tersebut. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode deskripsi yang berguna untuk menguraikan secara keseluruhan pemikiran tasawuf Hamka dan Nasarudin Umar dan metode analisis yang digunakan untuk menganalisis corak pemikiran mereka. Penelitian ini juga menggunakan metode komparatif untuk mencari benang merah atas pemikiran kedua tokoh di atas. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Tasawuf Hamka dan Nasaruddin Umar menjelaskan konsep bahagia dengan menempuh jalan menuju Allah, lebih mengenal dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, dengan menggunanakan jalur tasawuf sebagai ajaran yang mengajarkan kesalihan individual dan sosial. Maksudnya ialah bagaimana menerapkan sifat-sifat terpuji tidak hanya untuk dirinya dan Tuhannya melainkan juga bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. Karena mungkin konsep tasawuf terdahulu yang menerapkan bahwa tasawuf ini menentang duniawi sehingga tidak bersosialisasi. (2) Corak pemikiran tasawuf modern Hamka dan Nasarudin Umar sangat berbeda. Pendekatan tasawuf modern Hamka lebih bersifat Neo-Sufisme sedangkan pendekatan tasawuf modern Nasaruddin Umar termasuk kategori Tasawuf Falsafi. Sedangkan persaman dari keduanya ialah memiliki pemikiran dan konsep tasawuf yang cenderung sama secara umum, seperti konsep tazkiyat al-nafs.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashita, Ina Amaliainaamaliamashita@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Pemikiran
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Tasawuf modern; neo-sufisme; tasawuf falsafi; pemikiran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Mashita Ina Amalia
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:29
Last Modified: 19 Nov 2018 02:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28610

Actions (login required)

View Item View Item