Studi tentang peranan Thoriqot Qodiriyyah Naqsyabandiyyah dalam meningkatkan aqidah para pengikutnya di Desa Sukomulyo Kec. Lamongan Kab. Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makhrus, Mokhammad (1996) Studi tentang peranan Thoriqot Qodiriyyah Naqsyabandiyyah dalam meningkatkan aqidah para pengikutnya di Desa Sukomulyo Kec. Lamongan Kab. Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mokhammad Makhrus_069110206.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Thariqat Qadiriyyah Naqsya bandiyyah merupakan perpaduan antara thariqat Qadiriyyah dan Thariqat Naqsybandiyyah yang sifatnya akulturasi, yaitu suatu penggabungan d imana ajaran-ajaran dari masing-masing thariqat tetap tak ada perubahan, hanya saja penggabungan dalam hal pelaksanaan aktifitas kethariqatannya yang berbeda. Hal inilah yang menarik untuk kaji. Masalah yang diangkat dalam pembahasan ini adalah bagaimana asal usul dan perkembangan Thariqat Qaditiyyah Naqsybandiyyah di Desa Sukomulyo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan? Sejauh mana penghayatan dan pengamalan para pengikut Thariqat Qaditiyyah Naqsybandiyyah terhadap agama Islam dan ajarannya? Sejauh mana Thariqat Qaditiyyah Naqsybandiyyah dalam meningkatkan aqidah para pengikutnya? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui asal usul dan perkembangan Thariqat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah di Desa Sukomulyo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Untuk mengetahui penghayatan dan pengamalan para pengikut Thariqat Qaditiyyah Naqsybandiyyah terhadap agama Islam. Untuk mengetahui peranan Thariqat Qaditiyyah Naqsybandiyyah dalam meningkatkan aqidah para pengikutnya. Sumbersumber yang penulis gunakan dalam rangka memperoleh data, adalah Library Researc h (Sumber data teoritis) dan field research yakni pengamatan secara langsung. Penetilian ini menggunakan metode kwalitatif dan kwantitatif dengan akhir pembahasan menghasilkan beberapa simpulan diantaranya bahwa Thariqat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah di desa Sukomulyo didirikan pada tahun 1965 oleh Bapak KH. Ilyas Mawardi serta beberapa tokoh agama setempat. Adapun Thariqat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah sendiri asalnya dari Peterongan Jombang yang dipimpin langsung oleh al Mursyid yaitu KH. Mustain Romli yang juga Guru dari KH. Ilyas Mawardi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makhrus, Mokhammad--UNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Tarekat; Thoriqot Qodiriyyah Naqsyabandiyyah; aqidah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2018 09:03
Last Modified: 15 Nov 2018 09:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28605

Actions (login required)

View Item View Item