Tinjauan Hukum Islam terhadap Sistem Tarif Jasa Pemandu Gunung Jawa Timur di Komunitas JPF (Jejak Pendaki Fakir) Nusantara Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Siti Nur (2018) Tinjauan Hukum Islam terhadap Sistem Tarif Jasa Pemandu Gunung Jawa Timur di Komunitas JPF (Jejak Pendaki Fakir) Nusantara Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Latifah_C72214055.pdf

Download (11MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Tarif Jasa Pemandu Gunung Jawa Timur Di Komunitas JPF (Jejak Pendaki Fakir) Nusantara Surabaya” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: 1. Bagaimana sistem tarif jasa pemandu gunung jawa timur di Komunitas JPF (Jejak Pendaki Fakir) Nusantara Surabaya 2. Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap sistem tarif jasa pemandu gunung jawa timur di Komunitas JPF (Jejak Pendaki Fakir) Nusantara Surabaya.
Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dengan pola pikir deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem tarif jasa pemandu gunung jawa timur di Komunitas JPF (Jejak Pendaki Fakir) Nusantara Surabaya tidak sepenuhnya terlaksana dengan baik. Terbukti pemandu mencari keuntungan dengan mengulur waktu estimasi pendakian sehingga pendaki harus membayar lebih untuk sistem perharinya, kelebihan waktu yang hanya berselang 8 jam harus membayar 100% yaitu Rp. 100.000, tidak ada kejelasan pembayaran dari pemandu di awal pertemuan apabila ada kelebihan estimasi waktu, adanya dua sistem yang salah satunya dapat merugikan serta adanya ketidakadilan, tidak ada keterangan yang menjelaskan tentang harga jasa pemandu secara tertulis. Dalam hukum Islam, praktik yang dijalankan oleh Pemandu Gunung Jawa Timur Di Komunitas JPF (Jejak Pendaki Fakir) Nusantara Surabaya ini, permasalahan yang muncul di sistem tarif per/hari yang dikenakan oleh pemandu dinilai tidak sesuai dengan awal kesepakatan, baik dari segi waktu maupun transaksi serta adanya syarat yang belum terpenuhi yaitu keridhaan salah satu pihak yang berakad yakni dari pihak mu’jir yang menjadi rombongan pendaki.
Saran bagi Pemandu Gunung Jawa Timur Di Komunitas JPF (Jejak Pendaki Fakir) Nusantara Surabaya sebaiknya memberlakukan satu sistem tarif sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi pendaki. Selain itu, membuat pamflet bertuliskan keterangan harga dengan estimasi waktu yang dibutuhkan. Karena dengan begitu, akan meningkatkan kepercayaan calon pendaki.Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperluas penelitian tidak hanya pada sistem tarif jasa pemandu gunung pada Komunitas JPF (Jejak Pendaki Fakir) Nusantara Surabaya, sehingga hasil yang diperoleh dapat bermanfaat bagi konsumen maupun pihak pengelola.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Siti Nursitinurlatifah195@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Sistem tarif; pemandu; jasa;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Latifah Siti Nur
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:06
Last Modified: 15 Nov 2018 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28570

Actions (login required)

View Item View Item