Bullying dalam perspektif Al Quran dan psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqien, Mokhammad Ainul (2018) Bullying dalam perspektif Al Quran dan psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mokhammad Ainul Yaqien_E73214059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bullying merupakan perbuatan yang dilakukan kepada orang lain yang dapat menjadikan dampak yang cukup serius. Dapat menyebabkan menyebabkan suatu gangguan kejiawaan atau bisa dikenal dengan keabnormalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan makna bullying dalam Alquran, (2) menjelaskan tentang dampak bullying menurut Alquran dan psikologi, (3) menjelaskan bagaimana cara mengatasi bullying menurut Alquran dan psikologi. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan pendekatan tematik analisis. Pendekatan ini dilakukan untuk menjelaskan kandungan ayat-ayat Alquran secara keseluruhan dengan jalan menghimpun ayat-ayat yang mempunyai pengertian sama. Hasil penelitian ini adalah: (1) para muafassir menjelaskan bahwa bullying dalam Alquran terbagi menjadi tiga yaitu bullying kepada Nabi, bullying kepada sesama manusia, dan ancaman terhadap orang yang membully. Jenis bullying yang dilakukan yaitu bullying verbal dan non verbal. (2)menurut para mufassir orang yang melakukan bullying akan mendapat balasan pada hari pembalasan, kemudian menurut psikologi orang yang melakukan bullying dan orang yang menjadi korban bullying akan mempunyai dampaknya yang berpengaruh pada masa depannya. (3) menurut Alquran dan Hadith untuk mengatasi bullying para mufassir menjelaskan bahwa orang tersebut harus sabar dan harus menyikapinya dengan bijak. Kemudian menurut sikologi untuk mengatsi bullying yaitu dengan cara mencari akar masalahnya kemudian di jelaskan bahwa pentingnya menghargai kekurangan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqien, Mokhammad Ainulmokhammadainulyaqin43@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir Al Quran; bullying; psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Yaqien Mokhammad Ainul
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:32
Last Modified: 16 Nov 2018 02:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28568

Actions (login required)

View Item View Item