Kontekstualisasi sikap Nabi Ya’kub terhadap berita hoax di era modern: telaah penafsiran surat yusuf (12): 16-18

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chaqiqi, Nasrul (2018) Kontekstualisasi sikap Nabi Ya’kub terhadap berita hoax di era modern: telaah penafsiran surat yusuf (12): 16-18. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nasrul Chaqiqi_E73214035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sikap Nabi Ya’kub terhadap berita hoax yang diambil dari ayat-ayat al-Qur’an yakni surat Yusuf [12]: 16-18 serta kontekstualisasinya terhadap sikap masyarakat di era modern. Berawal dari tujuan tersebut, penelitian ini mengidentifikasi surat Yusuf [12]: 16-18 dalam al-Qur’an, mengembangkan pemahaman peneliti sendiri terhadap sikap Nabi Ya’kub dalam ilustrasi yang dijelaskan di dalamnya. Tujuan yang kedua ini diidentifikasi dengan analisa mengenai kontekstualisasi sikap Nabi Ya’kub dalam menanggapi berita hoax di era modern. Penelitian pada kajian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) karena sasaran utama penelitian ini adalah buku-buku dan literature-literatur yang terkait. Penjelasan skripsi ini arahnya kepada penelitian surat Yusuf [12]: 16-18 beserta penafsiran dari beberapa mufassir dengan Metode Tahlili sebagai metode penelitiannya. Selanjutnya sikap Nabi Ya’kub yang dianalisa dari surat Yusuf [12]: 16-18 tersebut dikontekstualisasikan terhadap masyarakat di era modern. Setelah dilakukan penelitian dari segi ayat-ayat yang membahas tentang sikap Nabi Ya’kub, dapat disimpulkan bahwasannya sikap Nabi Ya’kub dalam menanggapi berita adalah cermat, bijaksana dan sabar. Ketiga sifatnya tersebut dikontekstualisasikan terhadap keadaan masyarakat di era modern, bahwasannya masyarakat saat ini kurang bisa menanggapi suatu berita. Kebanyakan masyarakat modern kala ini kurang cermat, gegabah dalam menerima berita serta tidak mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut terlebih dahulu. Dari sinilah nampak jelas kontekstualisasi Sikap Nabi Ya’kub terhadap masyarakat modern dalam menyikapi berita hoax, yakni sikap masyarakat saat ini masih belum menerapkan atau menteladani sikap Nabi Ya’kub dalam menerima berita bohong, sebagaimana yang dijelaskan dalam surat Yusuf ayat 18. Seharusnya sikap Nabi Ya’kub dalam menyikapi berita hoax diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai salah satu bentuk meminimalisir tersebarnya berita hoax.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chaqiqi, Nasruln_chaqiqi@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Nabi dan Rasul
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Berita hoax; Nabi Ya’kub; surat Yusuf ayat 16-18
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Chaqiqi Nasrul
Date Deposited: 15 Nov 2018 04:23
Last Modified: 15 Nov 2018 04:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28567

Actions (login required)

View Item View Item