Analisis hukum Islam terhadap perwalian orangtua hasil pernikahan susuan : studi di Desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farda, Finanda Eka Yuni (2018) Analisis hukum Islam terhadap perwalian orangtua hasil pernikahan susuan : studi di Desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Finanda Eka Yuni Farda_C91214127.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana perwalian orangtua hasil pernikahan susuan di Desa Bolo?, dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap perwalian orangtua hasil pernikahan susuan? Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi dan wawancara, kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif, yaitu menjelaskan tentang raḑā’ah dan perwalian nya di desa tersebut dahulu, kemudian ditinjau menggunakan hukum Islam. Hasil penelitian yang di dapat dalam penulisan skripsi ini adalah menikahi saudara sesusuan (raḑā’ah) adalah haram hukumnya, anak yang menyusu pada ibu yang sama akan menjadi mahram yang haram untuk dinikahi. Namun berbeda halnya dengan pernikahan dengan saudara susuan yang didasari dengan ketidaktahuan atau ketidaksengajaan atau yang dinamakan dengan Syubhat seseorang yang menikah karena Syubhat tidak diharamkan hukumnya oleh agama Islam, namun jika setelah menikah kemudian mengetahui kalau mereka adalah saudara susuan yang haram untuk menikah, maka pernikahan mereka harus segera dibatalkan. Kemudian anak yang dihasilkan oleh pernikahan syubhat tersebut tetaplah menjadi anak sah, dan di nasabkan kepada kedua orangtua nya, karena anak dari pernikahan syubhat berbeda halnya dengan anak zina, karena pernikahan syubhat dilakukan tanpa adanya kesengajaan, persaksian seorang wanita dalam hal raḑā’ah juga bisa diterima,jadi perwalian anak persusuan yang dilakukan tanpa adanya kesengajaan tetap diwalikan kepada ayah biologis sebaaimana anak kandung pada umumnya. Jadi perwalian orangtua terhadap hasil pernikahan susuan yang penulis bahas hukumnya sah menurut hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farda, Finanda Eka Yunifindafinanda20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Nikah
Nikah > Wali Nikah
Uncontrolled Keywords: Perwalian; hukum Islam; orangtua; pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Farda Finanda Eka Yuni
Date Deposited: 14 Nov 2018 07:20
Last Modified: 14 Nov 2018 07:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28557

Actions (login required)

View Item View Item